SOIna Galang Dana Dukung Atlet di Special Olympics World Summer Games 2023

Kamis, 26 Januari 2023 | 12:06 WIB   Reporter: Vendy Yhulia Susanto
SOIna Galang Dana Dukung Atlet di Special Olympics World Summer Games 2023

ILUSTRASI. Terlihat dalam gambar adalah beberapa atlet SOIna yang menjalani pelatihan Athlete Leadership Training


OLAHRAGA - JAKARTA. Special Olympics Indonesia (SOIna) melakukan penggalangan dana untuk mendukung atlet-atlet disabilitas intelektual berlaga di Special Olympics World Summer Games (SOWSG) 2023. Sejumlah pejabat publik dan pengusaha turut berpartisipasi dalam penggalangan dana tersebut.

Ketua Umum Special Olympics Indonesia (SOIna) Warsito Ellwein menyampaikan, total delegasi tim Indonesia yang akan berangkat pada olimpiade tersebut adalah 42 orang. Jumlah tersebut terdiri dari 25 atlet, 12 pelatih, 4 offisial, dan 1 dokter.

“Persiapan atlet sudah siap, semangatnya luar biasa,” ujar Warsito di Museum Nasional, Rabu (25/1).

Warsito mengatakan, dana yang berhasil terkumpul dalam penggalangan dana mencapai Rp 4,2 miliar. Adapun kebutuhan dana yang diperlukan mencapai Rp 5,4 miliar.

Warsito meyakini sisa kebutuhan dana akan terpenuhi. Sebab, adanya dukungan dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Serta, masih ada potensi donasi dari sejumlah pihak.

“Saya pikir kita akan maksimalkan. Kalau kita dapat 10 emas sudah luar biasa,” ucap Warsito.

Baca Juga: Sebanyak 1.724 Atlet Disabilitas Ikuti Ajang Pekan Special Olympic Nasional 2022

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mengatakan, SOIna setara dengan beberapa organisasi induk cabang olahraga di Indonesia yang jarang terekspos. Dia menyebut, para atlet dari Special Olympics Indonesia (SOIna) adalah bagian dari olahraga yang membanggakan Merah-Putih di tingkat dunia.

"Mungkin banyak yang baru mendengar tentang SOIna. Dalam UU No.11/2022 tentang Keolahragaan, SOIna ini setara dengan KONI, NOC, NPC dan KORMI untuk special Olympic, sama cuma jarang terekspos," ujar Zainudin.

Seperti diketahui, salah satu pejabat publik yang berpartisipasi dalam penggalangan dana adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Ganjar yang juga Ketua Dewan Pembina SOINa melepas sepeda lipat jenis e-bike. Sepeda tersebut terjual seharga Rp 1,1 miliar.

“Karena ini untuk anak-anak kita yang hebat ini, maka saya cari sepeda yang paling bagus,” ujar Ganjar.

Sebagai informasi, Special Olympics World Games Berlin 2023 akan berlangsung pada 17 – 25 Juni 2023 di Berlin, Jerman dandiikuti sekitar 7.000 atlet Olimpiade Khusus dan mitra Unified dari sekitar 170 negara untuk bertanding dalam 24 cabang olahraga. Para atlet akan didukung oleh lebih dari 3.000 pelatih dan 20.000 sukarelawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru