Sri Mulyani: Kalau sudah tak jadi menkeu, saya bisa jadi selebgram

Selasa, 22 Januari 2019 | 14:23 WIB Sumber: TribunNews.com
Sri Mulyani: Kalau sudah tak jadi menkeu, saya bisa jadi selebgram


SRI MULYANI - JAKARTA. Saat menghadiri forum A1 bertajuk "Indonesia Bukan Negara Miskin" di Jakarta, Selasa (22/1), Menteri Keuangan Sri Mulyani sempat menggarisbawahi perubahan perilaku generasi muda dalam berbelanja saat ini.

Menurutnya, milenial cenderung mengeluarkan biaya demi menambah pengalaman dibanding membeli barang.

Pola belanja ini, kata dia, menciptakan peluang pangsa pasar baru yang perlu dicermati para pelaku usaha.

"Kelas (ekonomi) menengah jumlahnya 45 juta di 2010, sekarang sekitar 60 juta, jumlahnya lebih besar dibanding Singapura, tidak hanya kelas lifestyle-nya juga. Bagi mereka lifestyle experience important," ucap Sri Mulyani.

"Mereka sekarang cari makanan minuman sehat, tidak konsumsi yang bergula, bawa Tumblr itu menimbulkan market. Vegetarian makan gado-gado populer lagi. Dengan lifestyle seperti itu ada market luar biasa, kalau ada demand, supply akan merespon," tambahnya.

Sri Mulyani menambahkan, banyak masyarakat kelas menengah mulai menyukai batik.

Sosiolog Universitas Indonesia Imam Prasodjo yang menjadi moderator dalam acara tersebut menimpali omongan Ani. Ia mengungkapkan, dirinya sempat menemui milenial yang menjadikan gaya elegan Sri Mulyani sebagai inspirasi atau role model mereka.

Sri Mulyani mengaku juga merasakan popularitas namanya di masyarakat. Misalnya, ketika dia berkunjung ke suatu tempat, ada pelaku UMKM mengajaknya berfoto bersama atau mempromosikan produk mereka.

"Baju misalnya batik, kita beli di mal ada yang minta foto beli itu juga jadi kembaran bajunya. Kalau udah tidak jadi menkeu, saya bisa jadi selebgram diendorse," kelakar Sri Mulyani.

"Endorser saya ke Labuan Bajo, Raja Ampat, sempat saya promosi berbagai tempat. Yang lain jadinya minta," imbuhnya.

 

 

Happy Salma yang turut hadir dalam acara tersebut menawarkan Sri Mulyani untuk menjadi model produk perhiasan atau butiknya. "Mau, mau banget," ujar Sri Mulyani bercanda.

Ketika ditanya siapa lagi menteri yang cocok untuk diendorse, mantan direktur pelaksana Bank Dunia itu menyebut nama Menteri Perikanan dan Kelautan Susi Pudjiastuti.

"Bu Susi luar biasa dia, atau pak Chatib Basri (mantan Menkeu) juga mau?," kelakarnya. (Ria anatasia)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Ditanya Apakah Bersedia Jadi Selebgram Setelah Tak Jadi Menteri, Begini Jawaban Sri Mulyani,

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru