Startup asal Jerman, Electric Brands akan rilis mobil listrik eBussy

Senin, 27 Juli 2020 | 11:28 WIB Sumber: The Drive
Startup asal Jerman, Electric Brands akan rilis mobil listrik eBussy

ILUSTRASI.


Mobil Listrik - JERMAN. Startup otomotif asal Jerman, Electric Brands berencana merilis mobil listrik tenaga surya, eBussy di tahun 2021.

Electric Brands eBussy adalah kendaraan modular yang memberikan kesempatan untuk pengemudi mengubah bentuk body mobil. Terdapat 10 bentuk modular yang dapat dirubah sesuai fungsinya.

Mulai dari model convertible, off-road, body box, station wagon, pickup, panel van atau bus camping (camper).

Baca Juga: Citroen TUB, mobil komersial dengan pintu geser pertama di dunia

Mengutip dari The Drive, Electric Brands eBussy memiliki pilihan baterai dasar sebesar 30 kWh untuk mencapai jangkauan hingga 600 km. Semua model eBussy mendapatkan tambahan paket baterai kecil 10 kWh yang diperkirakan bisa menjangkau jarak 200 km. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 20 horsepower saja. Namun, torsi eBussy maksimum mencapai 1.000 Nm.

eBussy

Electric Brands eBussy hanya berbobot antara 450 kg hingga 600 kg tergantung pada bodi tiap model. Berat yang ringan disesuaikan dengan tenaga kecil yang dihasilkan (20 horsepower).  Electric Brands mengklaim eBussy difokuskan untuk penggunaan jalanan kota baik sebagai mobil pribadi maupun komersial.

Semua varian Electric Brands eBussy dilengkapi dengan panel surya yang berada di bagian atap dan body mobil.

Uniknya, pengereman mobil menggunakan sistem pemulihan energi atau teknologi regeneratif. Sehingga ketika terjadi pengereman, energi akan dipakai kembali untuk menghasilkan daya listrik.

Baca Juga: The Racer-X, sepeda motor listrik dengan desain yang tidak biasa

Electric Brands eBussy dibanderol mulai 15.800 euro atau Rp 270 juta untuk versi terendah. Sedangkan untuk versi tertinggi yakni varian camper, eBussy diperkirakan berharga 28.800 euro atau sekitar Rp 491 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru