Suhu konsol PS5 versi baru ternyata lebih panas, benarkah?

Rabu, 01 September 2021 | 12:34 WIB Sumber: PCMag
Suhu konsol PS5 versi baru ternyata lebih panas, benarkah?

ILUSTRASI. Suhu konsol PS5 versi baru lebih panas, benarkah?


KONSOL VIDEO GAME - Konsol video game PS5 (PlayStation 5) versi terbaru ternyata memiliki suhu yang lebih panas. Seorang youtuber dengan nama channel Austin Evans membuktikan perbandingan suhu PS5 versi awal dan terbaru.

Pada Agustus lalu, Sony melakukan revisi untuk konsol PS5. Menghadirkan beberapa pembaruan, PS5 versi anyar memiliki bobot 300 gram lebih ringan dari yang pertama kali rilis.

PS5 pertama memiliki nomor model CFI-1015B, sementara yang terbaru adalah CFI-1100B. Ini merupakan versi yang digital, bukan yang dilengkapi dengan pembaca kepingan Blu-Ray.

Jangan senang dulu, meskipun PS5 update jauh lebih ringan. Walau bobotnya dipangkas, ternyata hal tersebut harus mengorbankan komponen yang cukup penting di PS5.

Mengutip dari PCMag, Austin Evans lewat video di kanal YouTube-nya melakukan pengecekan suhu. Dia menemukan, PS5 versi update memiliki suhu yang cenderung lebih tinggi dari PS5 versi lama.

Meskipun selisihnya sangat tipis, yakni 52 derajat Celcius untuk PS5 versi lama dan 55 derajat Celcius untuk versi baru.

Baca Juga: PUBG Mobile kolaborasi dengan anime Jujutsu Kaisen, bakal ada banyak crossover

Penasaran bagaimana bisa PS5 versi terbaru memiliki suhu yang naik, akhirnya Evans membongkar konsol tersebut. Videonya bisa Anda lihat di bawah ini:

Setelah berhasil membongkar PS5 versi baru, Evans menemukan, ukuran heatsink-nya jauh lebih kecil. Meskipun demikian, kipas di PS5 versi baru ini menurut Evans lebih baik.

Tetapi, hal tersebut ternyata tidak menjamin suhunya akan lebih dingin ketimbang PS5 versi terdahulu. Menurutnya, bahkan lebih buruk dari model yang pertama kali meluncur, menilik dari sudut pandang suhu atau panas yang dihasilkan.

Ya, ternyata bobot 300 gram yang lebih ringan ini mengorbankan sistem pendingin di PS5 versi terbaru ini.

Terlepas dari semua itu, PS5 versi baru ini telah dipasarkan di Jepang dan Australia. Apakah Anda berminat?

Untuk saat ini, PS5 masih menjadi salah satu konsol yang sulit untuk Anda dapatkan. Sony masih kesulitan untuk memenuhi permintaan para gamer yang ingin membeli konsol tersebut di beberapa negara.

Selanjutnya: Genshin Impact 2.1: Jadwal, banner senjata & karakter, ukuran file pra-unduh, dll

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru