Style

Tak hanya melindungi dari corona, masker wajah pintar ini bisa menerjemahkan bahasa

Selasa, 04 Agustus 2020 | 12:41 WIB   Reporter: Arif Budianto
Tak hanya melindungi dari corona, masker wajah pintar ini bisa menerjemahkan bahasa

ILUSTRASI. Masker wajah pintar C-Face.

KONTAN.CO.ID -TOKYO. Jepang memang ahilnya dalam mengembangkan teknologi serta inovasi. Di tengah pandemi virus corona baru, startup robot asal Jepang memanfaatkan momentum dengan membuat masker wajah pintar.

Donut Robotics mengembangkan sebuah masker wajah pintar yang juga mampu menerjemahkan bahasa. Sewajarnya masker wajah, masker ini memiliki fungsi yang sama, yakni untuk melindungi diri dari virus corona saat pandemi Covid-19.

Masker wajah pintar bernama C-Face itu bisa menerjemahkan apa yang pengguna ucapkan serta mengeraskan suara saat berbicara. Maklum, memakai masker cenderung mempersulit seseorang saat berbicara, sehingga suara menjadi tidak jelas.

Dengan C-Face, pengguna dapat dengan mudah berkomunikasi, bahkan dengan bahasa yang berbeda sekalipun.

Baca Juga: Leaf Mask, masker pintar N99 transparan yang pertama terdaftar di FDA dan jadi buruan

Meskipun begitu, masker wajah pintar tersebut pada dasarnya didesain untuk berkomunikasi. Namun, seiring dengan berjalannya waktu dan ada pandemi Covid-19 yang menyerang dunia, C-Face bisa melindungi diri dari virus corona.

Mengutip laman resmi Donut Robotics, C-Face terhubung dengan ponsel pintar. Dengan begitu, pengguna bisa mengatakan apapun yang kemudian terjemahannya muncul di ponsel pintar.

Desain masker wajah pintar ini juga terlihat keren. Terbuat dari bahan plastik dan silikon, terdapat lubang-lubang yang berfungsi untuk mempermudah pengguna C-Face bernafas.

Dilengkapi dengan chip bluetootfh, masker wajah pintar tersebut dapat terhubung dengan smartphone berjarak maksimal 10 meter. 

Baca Juga: Awas, hacker bobol data Kreditplus dan menjualnya di internet, ini yang dicuri

Fungsi utamanya adalah menerjemahkan ke bahasa lain. Setidaknya, untuk masyarakat Jepang bisa memahami delapan bahasa lain, yakni Inggris, Prancis, Vietnam, Indonesia, Spanyol, Thailand, Korea Selatan, dan China.

C-Face bisa menerjemahkan secara dua arah, baik dari Jepang ke bahasa asing ataupun sebaliknya, bahasa asing ke Jepang.

Banderol harga C-Face US$$ 40-US$ 50 atau sekitar Rp 580.000-Rp 725.000. Kabarnya, masker wajah pintar ini bakal Donut Robotics rilis pada akhir Januari 2021 mendatang, setelah mendapatkan crowdfunding pada 13 Agustus-29 Oktober nanti.

Editor: Arif Budianto


Terbaru