Tak hanya Qatar, kabarnya seri MotoGP Thailand juga terancam ditunda akibat corona

Senin, 02 Maret 2020 | 11:02 WIB   Reporter: Handoyo
Tak hanya Qatar, kabarnya seri MotoGP Thailand juga terancam ditunda akibat corona

ILUSTRASI. Pembalap Moto GP Marc Marquez saat berfoto dengan motornya disela-sela pengenalan tim Repsol Honda di Hotel Shangrila, Jakarta Pusat, Selasa (4/2/2020). Tribunnews/Jeprima


DAMPAK VIRUS CORONA - JAKARTA. Wabah virus corona merusak persiapan panjang yang dilakukan penyelenggara untuk melangsungkan MotoGP 2020. Merebaknya wabah virus corona menyebabkan krisis yang dialami sebagian penduduk dunia. Ajang olahraga pun turut terkena dampaknya.

MotoGP menjadi 'korban' teranyar virus corona. Ajang balap terpopuler tersebut terancam memulai kompetisi lebih lama daripada jadwal semula. FIM, IRTA, dan Dorna Sports selaku pihak yang bertanggung jawab awalnya merencanakan balapan seri pembuka MotoGP 2020 dilangsungkan pada 8 Maret mendatang.

Baca Juga: Imbas wabah virus corona, seri pembuka MotoGP Qatar batal dilaksanakan

Akan tetapi, pembatasan perjalanan yang dilakukan Qatar selaku tuan rumah seri pembuka membuat perlombaan dibatalkan. Seperti diberitakan BolaSport.com sebelumnya, Qatar mewajibkan seluruh penumpang penerbangan dari beberapa negara untuk menjalani karantina selama 14 hari.

Italia yang mengalami dampak besar dari virus corona menjadi salah satu negara yang masuk dalam daftar merah. Padahal, sebagian besar kontestan bermarkas di sana. Tim pabrikan Ducati, Yamaha, Suzuki, dan Aprilia memiliki markas yang berada di Italia. Hanya KTM dan Honda yang garasinya berada di zona aman.

Dorna sudah berupaya bernegosiasi dengan pemerintah setempat untuk menyediakan jalur khusus bagi para kontestan, namun tidak membuahkan hasil. Kini, masalah yang dihadapi para pembalap MotoGP tidak berhenti dengan batalnya seri pembuka. Rencana perjalanan mereka ke seri berikutnya juga terancam batal.

Baca Juga: Menakar efek virus corona terhadap kondisi pasar ponsel dalam negeri

Dilansir BolaSport.com dari GPOne, sumber terpercaya mengonfirmasi bahwa seri balap kedua MotoGP di Thailand juga akan ditunda. Balapan MotoGP Thailand di Sirkuit Chang sejatinya digelar pada 22 Maret.

Namun begitu, situasi yang tidak kondusif akibat wabah COVID-19 membuat balapan terancam mundur dan digelar pada bulan Oktober seperti tahun lalu. Apabila MotoGP Thailand ditunda, musim kejuaraan 2020 bakal dibuka di Amerika Serikat melalui seri GP Americas pada 5 April mendatang.

Artikel ini telah tayang di bolasport.com dengan judul "Dampak Wabah Virus Corona Bisa Bikin MotoGP 2020 Mundur 1 Bulan"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru