kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Tak ingin isi chat WhatsApp terbaca orang lain, atur pakai pengaman ini


Jumat, 19 Juli 2019 / 13:36 WIB
Tak ingin isi chat WhatsApp terbaca orang lain, atur pakai pengaman ini

Reporter: Tri Sulistiowati | Editor: Tri

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. WhatsApp menawarkan fitur two-step verification yang dapat melindungi aplikasi pesan digital dari tangan orang iseng.

Anda jengkel dengan kelakuan teman-teman yang sering membaca percakapan WhatsApp Anda tanpa izin ?

Kini Anda tidak perlu merasa jengkel lagi. WhatsApp menyediakan fitur keamanan untuk melindungi isi percakapan dari orang jahil.

Fitur two-step verification dapat melindungi WhatsApp dari tangan orang lain. Dikutip dari www.whatsapp.com fitur ini mengunci WhatsApp menggunakan PIN yang dibuat oleh pengguna.

Baca Juga: Pura-pura bertampang tua pakai aplikasi FaceApp? Ada konsekuensi berbahaya, lo

Artinya, hanya si pembuat PIN yang dapat membuka aplikasi pesan digital ini. Lainnya, fitur two-step verification mempermudah pengguna untuk proses login WhatsApp.

Pengguna tidak perlu menunggu kode yang dikirimkan WhatsApp melalui Short Message Service (SMS), cukup memasukkan PIN untuk login.

Selain itu, fitur ini juga melindungi WhatsApp lewat email. Sehingga, Anda tahu bila ada seseorang yang hendak masuk ke WhatsApp tanpa ijin. WhatsApp akan meminta konfirmasi pengguna lewat email bila hendak login.

Baca Juga: Mau unistall WhatsApp, selamatkan dulu rekaman chat penting

Para pengguna WhatsApp sebaiknya mengaktifkan fitur ini. Dengan begitu, mereka dapat melindungi isi percakapan dan pembajakan nomor dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab.    

  1. Anda buka aplikasi WhatsApp yang terpasang dalam smartphone.
  2. Anda ketuk ikon "Setting" yang berbentuk tiga susun titik.
  3. Layar ponsel akan membawa Anda ke halaman setting alias pengaturan. Anda ketuk menu "Account", lanjutkan ketuk menu "Two-step verifikasi" dan ketuk "Enable".

Baca Juga: Seru! Video call rame-rame di WhatsApp, begini caranya

  1. Anda buat PIN yang terdiri dari enam digit angka kemudian ketuk "Next".
  2. Anda masukkan PIN tersebut sekali lagi di halaman konfirmasi PIN lalu ketuk "Next".
  3. Anda ketikkan alamat email yang aktif dan lanjutkan dengan ketuk "Next". Anda ketikkan kembali alamat email di halaman konfirmasi alamat email lalu ketuk "Next".
  4. Tunggu beberapa saat sampai layar ponsel menampilkan status "Two-step verification is enabled". Setelah itu, Anda ketuk "Done". Proses selesai dan WhatsApp Anda pun aman dari orang jahil.

 Baca Juga: WhatsApp Business, apps yang patut terpasang di smartphone pebisnis




TERBARU

Close [X]
×