Terhenti di Babak 16 Besar Piala Dunia Catur, Ini Hadiah yang Diterima Medina Warda

Sabtu, 12 Agustus 2023 | 18:56 WIB   Reporter: Sandy Baskoro
Terhenti di Babak 16 Besar Piala Dunia Catur, Ini Hadiah yang Diterima Medina Warda

ILUSTRASI. IM Medina Warda Aulia di sela-sela FIDE Women's World Cup 2023 di Baku, Azerbaijan.


FIDE WORLD CUP - JAKARTA. Setelah berjuang keras, langkah International Master (IM) Medina Warda Aulia akhirnya terhenti di babak keempat (16 besar) Piala Dunia Catur 2023 yang berlangsung di Baku, Azerbaijan.

Di babak keempat FIDE Women's World Cup 2023, Medina Warda Aulia dikalahkan IM Nurgyul Salimova, pecatur perempuan asal Bulgaria yang memiliki elo rating 2403. Kedua pemain harus melalui empat partai yang cukup ketat.

Baca Juga: Langkah Medina Warda Aulia Terhenti di Babak Keempat Piala Dunia Catur 2023

Pada game kedua tiebreak (kontrol waktu 25 menit + 10 detik) di babak keempat, Jumat (11/8), Medina yang memiliki elo rating 2355 harus mengakui keunggulan lawannya.

Sementara pada game pertama tiebreak, kedua pemain berbagi angka alias bermain remis. Medina dan Salimova harus melalui fase tiebreak lantaran di dua game pertama partai klasik, Rabu dan Kamis, keduanya bermain alot dan berakhir remis. 

Setelah kalah di game kedua fase tiebreak, Medina harus mengakui keunggulan Salimova dengan skor akhir 1,5-2,5. 

Baca Juga: FM Masruri Rahman: Menyemai Ikhtiar Agar Ekosistem Catur Semakin Subur

Medina mengucapkan syukur alhamdulillah karena berhasil mencetak sejarah dengan menembus 16 besar Piala Dunia Catur 2023. "Targetnya hanya masuk ke putaran tiga (32 besar), tapi dikasih sama Allah bonus ke putaran empat (16 besar)," tulis Medina dikutip dari akun Instagram resminya, Sabtu (12/8).

Dari empat partai melawan Salimova di babak keempat, sejatinya posisi Medina selalu unggul, termasuk unggul waktu. "Tapi di babak (partai) terakhir blunder dan tereliminasi untuk masuk delapan besar," imbuh Medina.

Medina menyampaikan terima kasih kepada keluarga, teman-teman dan para pencinta catur di Indonesia yang sudah mendukung dan mendoakannya. 

FIDE Women's World Cup merupakan turnamen knockout eliminasi tunggal yang terdiri dari tujuh babak. Sebanyak 25 pemain unggulan teratas mendapatkan bye di babak pertama dan langsung maju ke babak kedua. Setiap pertandingan terdiri dari dua game catur klasik. Kontrol waktu yang digunakan adalah 90 menit untuk 40 langkah pertama, ditambah 30 menit untuk sisa permainan, dengan increment (tambahan) 30 detik dimulai dari langkah pertama.

Baca Juga: Inilah Fase Penentuan Medina untuk Menembus Delapan Besar Piala Dunia Catur

Jika pertandingan klasik berakhir imbang, partai dilanjutkan dengan tiebreak dua game catur cepat dengan kontrol waktu 25 menit dan tambahan waktu 10 detik (25+10). Jika kedudukan masih imbang pertandingan berlanjut dengan dua game dan kontrol 10+10. 

Apabila kedudukan masih sama kuat, duel dilanjutkan dengan dua game dan kontrol waktu 5+3. Jika masih imbang, permainan berlanjut dengan satu game dan kontrol waktu 3+2 sampai ada pemenangnya.

Baca Juga: Cetak Sejarah Lagi! IM Medina Warda Aulia Lolos 16 Besar Piala Dunia Catur 2023

Seluruh pecatur yang tampil di FIDE Women's World Cup 2023 mendapatkan hadiah uang sejak babak pertama dimulai. Nilai total hadiah dalam kejuaraan tersebut mencapai US$ 676.250 atau setara Rp 10,14 miliar (kurs Rp 15.000 per dolar AS). 

Alhasil, setelah terhenti di babak keempat, Medina Warda Aulia setidaknya mengantongi hadiah uang senilai US$ 25.000 atau Rp 375 juta. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sandy Baskoro

Terbaru