Internet

Tetap produktif, ini dia hal yang harus diperhatikan ketika baru memulai WFH dan PJJ

Jumat, 25 September 2020 | 08:19 WIB   Reporter: Arif Budianto
Tetap produktif, ini dia hal yang harus diperhatikan ketika baru memulai WFH dan PJJ

ILUSTRASI. Tetap produktif, ini dia hal yang harus diperhatikan ketika baru memulai WFH dan PJJ

KONTAN.CO.ID - Pandemi Corona yang kita tidak tahu kapan berakhirnya ini memaksa sebagian orang untuk WFH dan PJJ. Tetapi bagi sebagian orang yang mungkin baru melakukan WFH atau PJJ ikuti tips menarik yang perlu diperhatikan.

Pandemi Corona memang luar biasa, bagaimana tidak? Kita dituntut untuk melakukan kebiasaan baru demi menghindari penyebarannya. Mau tidak mau, suka tidak suka sebagian orang harus rela berada dirumah sampai keaadaan mulai membaik.

Beberapa pekerjaan juga saat ini sudah bisa dilakukan secara Work From Home (WFH). Sementara adik-adik yang masih sekolah dan beberapa diantaranya juga mulai ospek juga dilakukan secara daring di rumah.

Agar Work From Home (WFH) dan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) tetap produktif serta nyaman ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Biar tetap produktif, berikut hal yang perlu diperhatikan ketika baru memulai WFH dan PJJ:

Gunakan layanan internet terbaik di tempat Anda

ILUSTRASI: Layanan internet untuk WFH dan PJJ

Pada dasarnya agar WFH dan PJJ bisa tetap produktif, yang paling utama diperhatikan adalah internet. Usahakan menggunakan internet dari provider yang terkenal dengan layanan internet terbaiknya di kota atau daerah sekitar Anda.

Penggunaan internet rumahan lebih disarankan ketimbang menggunakan paket data atau kuota. Karena internet rumahan tidak perlu memikirkan kuota atau paket data. Jika dipikir-pikir pengeluaran juga tidak terlalu boros.

Menginat paket internet rumahan biasanya dibayar bulanan. Bayangkan jika Anda setiap hari menggunakan paket data atau kuota. Sudah berapa banyak kuota yang Anda habiskan untuk meeting online setiap harinya? Begitu pula dengan adik-adik yang sedang PJJ.

Temukan spot yang paling nyaman dirumah untuk WFH/PJJ

Rumah memang menjadi tempat yang paling nyaman. Tetapi apakah bekerja dirumah dan belajar dari rumah juga menyenangkan?

Tentu saja iya, Anda bisa menemukan tempat terbaik dirumah untuk tetap produktif. Bisa di kamar, ruang tamu atau bahkan di depan televisi sambil menikmati informasi dan hiburan.

Oh iya, pastikan tempat yang kamu jadikan untuk bekerja di rumah mendapatkan sinyal wi-fi ya. 

Eits, jangan lupa selesaikan kerjaan terlebih dahulu meski menemukan tempat yang nyaman di rumah.

Siapkan aplikasi pendukung untuk WFH dan PJJ

ILUSTRASI: Aplikasi pendukung WFH dan PJJ - Google Meet

Bekerja dari rumah dan belajar dari rumah tentu saja membutuhkan aplikasi pendukung. Baik di laptop maupun smartphone, Anda harus mempersiapkannya.

Misalnya seperti, Zoom meeting, Google Meet, Microsoft Team dan masih banyak lagi. Jangan lupa siapkan aplikasi buat sang anak untuk mengerjakan tugas, mengikuti PJJ dan hal lainnya sesuai sekolah masing-masing.

Baca Juga: Bulan depan, penggunaan Google Meet gratis hanya bisa 1 jam per hari

Baca Juga: Tips Google Meet, mengubah background menjadi blur

Selalu cek koneksi internet dan listrik

Saat WFH maupun PJJ, internet dan listrik menjadi hal yang sangat penting. Bayangkan jika Anda sedang mengerjakan sesuatu yang krusial tiba-tiba internet dan listrik mati.

Untuk itu, Anda perlu mengecek kondisi internet setiap saat. Begitu pula dengan kondisi listrik. Jika terjadi hal yang tidak terduga segera hubungi customer service.

Namun demikian, Anda juga harus menyiapkan backup atau internet cadangan. Mau tidak mau Anda harus menyiapkan paket data atau kuota internet untuk menghindari hal tak terduga seperti ini.

Akan lebih baik lagi juga Anda memiliki genset. Jaid kondisi listrik pun tetap terjaga.

 

Itu dia hal yang perlu Anda perhatikan ketika baru memulai WFH dan PJJ. Semoga bisa selalu membantu untuk selalu produktif meski di rumah saja.

Jangan lupa selalu jaga kesehatan ya guys!

Selanjutnya: Ini harga laptop Acer SSD paling murah September 2020, cocok untuk WFH dan PJJ

 

Editor: Arif Budianto


Terbaru