Timnas Berada di Grup Berat, Ini Permintaan Ketum PSSI Erick Thohir

Kamis, 27 Juni 2024 | 18:10 WIB   Reporter: Handoyo
Timnas Berada di Grup Berat, Ini Permintaan Ketum PSSI Erick Thohir

ILUSTRASI. Indonesia berada di Grup C dalam lanjutan babak kualifikasi Piala Dunia 2026 ronde ketiga zona Asia. TRIBUNNEWS/HO/PSSI


SEPAK BOLA - JAKARTA. Indonesia berada di Grup C dalam lanjutan babak kualifikasi Piala Dunia 2026 ronde ketiga zona Asia. Hal itu diketahui usai pengundian resmi yang dilakukan oleh AFC di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (27/6).

Skuad Garuda berada satu grup bersama Jepang, Australia, Saudi Arabia, Bahrain, dan Tiongkok.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengatakan Timnas Indonesia siap memberikan kemampuan terbaiknya dalam bersaing dengan lima negara lainnya yang menggunakan format home and away ini.

"Harus diakui kita berada di grup yang berat. Cuma saya minta kepada pelatih dan timnas kita agar jangan kasih kendor. Ingat, bola itu bundar dan banyak sejarah bagaimana tim tidak diunggulkan bisa buat kejutan. Lihat saja di Piala Eropa 2024 ini, bagaimana kiprah Austria atau Georgia. Jadi tetap melawan walau di grup berat," ujar Erick Thohir di Jakarta, Kamis (27/6).

Baca Juga: Jadwal Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Ronde 3

Oleh sebab itu, Erick secara khusus meminta kepada para pemain timnas untuk persiapkan diri sejak undian ini diumumkan. "Itulah sebab, kami di PSSI mengatur dengan Liga untuk jadwal hingga tiga tahun ke depan agar agenda persiapan timnas dan pemainnya ke kualifikasi Piala Dunia bisa saling sinergi," tambahnya

Dalam mengarungi kualifikasi untuk Piala Dunia tahun 2026, pasukan Shin Tae-yong ini sudah melakoni sejumlah pertandingan, sekitar delapan laga telah dilalui oleh Asnawi Mangkualam, dkk.

Di antaranya diraih dengan lima kemenangan, satu hasil imbang, dan dua kekalahan. Dua kali menang melawan Brunei Darussalam dengan skor identik 6-0, dua kali menang melawan Vietnam (1-0 dan 3-0), seri 1-1 melawan Filipina di kandang lawan, dan dua kali kekalahan melawan Irak (1-5 dan 0-2).

Sedangkan di grup lain, seperti di Grup A diisi oleh Iran, Qatar, Uzbekistan, Uni Emirat Arab, Kirgizstan, dan Korea Utara. Kemudian, di Grup B ada Korea Selatan, Irak, Yordania, Oman, Palestina, dan Kuwait.

Pada laga perdana, Indonesia akan terbang ke kandang Saudi Arabia pada tanggal 5 September 2024, kemudian akan menjalani laga kandang pada tanggal 10 September melawan Australia. Pada tanggal 10 Oktober melawan Bahrain di kandang lawan, tanggal 15 Oktober berhelat ke Tiongkok, dan tanggal 14 November menjamu Jepang.

Pada tanggal 19 November, Indonesia akan kedatangan Saudi Arabia, tanggal 20 Maret melawan Australia di kandangnya, tanggal 25 Maret menjamu Bahrain, pada tanggal 5 Juni melawan Tiongkok, dan terakhir dijamu Jepang tanggal 10 Juni.

Selain untuk Piala Dunia, para peserta nanti juga akan mengikuti ajang Piala Asia di Arab Saudi pada tahun 2027 yang akan dimulai pada 12 Juni.

Baca Juga: Indonesia di Grup C, Ini Hasil Drawing Kualifikasi Piala Dunia Ronde 3 Zona Asia

Pembagian Grup Kualifikasi Piala Dunia 2026 Ronde Ketiga Zona Asia:

Grup A:

- Iran
- Qatar
- Uzbekistan
- Uni Emirat Arab
- Kirgizstan
- Korea Utara

Grup B:

- Korea Selatan
- Irak
- Yordania
- Oman
- Palestina
- Kuwait

Grup C:

- Jepang
- Australia
- Saudi Arabia
- Bahrain
- Tiongkok
- Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru