Tips aman pergi ke salon kecantikan & potong rambut di tengah pandemi virus corona

Kamis, 18 Juni 2020 | 07:05 WIB Sumber: Kompas.com
Tips aman pergi ke salon kecantikan & potong rambut di tengah pandemi virus corona

ILUSTRASI. JAKARTA,15/06-PUSAT PERBELANJAAN KEMBALI BUKA. Suasana pengunjung di dalam pusat perbelanjaan Central Park, Jakarta, Senin (15/06). Pengelola pusat perbelanjaan atau mal di Jakarta membuka kembali usahanya pada tatanan normal baru (new normal) di tengah p


VIRUS CORONA - Jakarta. Pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi mengizinkan sejumlah kegiatan bisnis beroperasi kembali. Termasuk diantaranya salon atau tempat potong rambut. Namun, untuk menghindari penularan virus corona, Anda harus memperhatikan tips aman pergi ke salon di tengah pandemi.

Pasalnya, salon dan tempat potong rambut masih berisiko menjadi tempat penularan virus corona. Melansir MLive, dari skala satu sampai sembilan, tingkat risiko salon berada di level enam. Pasalnya, aktivitas di dalam salon memerlukan kontak fisik dan tidak memungkinkan untuk jaga jarak aman (social distancing).

Pendapat senada disampaikan profesor epidemiologi dari New York University's School of Global Public Health, Robyn Gershon, MHS, DrPH. Melansir Good Housekeeping, Gershon menyebut selain soal interaksi dalam jarak dekat, risiko penularan Covid-19 di salon juga bisa dari waktu kontak yang cukup lama saat proses perawatan.

Baca juga: Lelang mobil Avanza tahun 2007, berikut harga penawaran minimalnya

Menurut Gershon, berbagi udara di ruangan tertutup lebih dari 30 menit (termasuk udara yang diembuskan alat pengering rambut) bisa meningkatkan risiko penularan virus corona. Penggunaan alat penata rambut, kuku, kursi, dll. secara bergantian juga bisa meningkatkan peluang penularan Covid-19.
Tips aman ke salon di tengah pandemi corona

Tinggal di rumah adalah cara terbaik untuk mencegah penularan virus corona. Terutama bagi orang lanjut usia, penderita penyakit kronis, dan pemilik masalah daya tahan tubuh yang lebih riskan saat terinfeksi virus corona. Namun, jika Anda merasa kebutuhan ke salon atau melakukan perawatan sudah sangat mendesak, perhatikan tips aman pergi ke salon di tengah pandemi virus corona berikut ini:

  • Pastikan kondisi tubuh dalam keadaan sehat

Setiap orang berkontribusi dalam memutus mata rantai penularan virus corona atau penyakit lain. Jika Anda merasa tidak sehat, walaupun gejalanya ringan, urungkan niat pergi ke salon, tempat potong rambut, atau tempat umum lainnya.

  • Pilih salon yang menerapkan protokol kesehatan

Kendati sudah ada imbauan terkait protokol kesehatan, namun tidak semua tempat benar-benar menerapkannya. Jika Anda ingin pergi ke salon atau tempat potong rambut, pastikan untuk memilih tempat yang menerapkan protokol kesehatan.

Baca juga: Pemerintah tambah uang lagi, anak cucu kita yang kebagian jatah melunasinya

Sebelum datang, ada baiknya Anda melakukan riset kecil bisa via daring maupun mengontak tempat tersebut. Tanyakan detail seperti penataan tempat duduk, batasan pengunjung dalam satu ruangan, sampai protokol kebersihan alat dan pekerja setempat.

Editor: Adi Wikanto

Terbaru