Tips Fengshui untuk Menghadirkan Kebahagiaan di Rumah, Mungkin Bisa Menjadi Inspirasi

Jumat, 26 Agustus 2022 | 15:17 WIB   Penulis: Arif Budianto
Tips Fengshui untuk Menghadirkan Kebahagiaan di Rumah, Mungkin Bisa Menjadi Inspirasi

ILUSTRASI. Tips Fengshui untuk Menghadirkan Kebahagiaan di Rumah, Mungkin Bisa Menjadi Inspirasi


FENG SHUI -Jakarta. Inilah tips Feng Shui untuk menghadirkan kebahagiaan di rumah. Mungkin bisa menjadi insiprasi rumah Anda, yuk simak beberapa tips berikut ini.

Mungkin tidak semua orang mengetahui apa itu Feng Shui. Dikutip dari Better Homes & Garden, Feng Shui secara harfiah dapat diartikan menjadi "angin" dan "air".

Namun, secara historis Feng Shui digunakan untuk memilih tempat dan waktu yang menguntungkan untuk membangun rumah, menanam tanaman, dan kegiatan penunjang kehidupan lainnya, kata Gabrielle Santiago, seorang desainer interior dan ahli Feng Shui yang berbasis di Los Angeles, AS.

Tujuan utama dari Feng Shui ini adalah mencapai keselarasan dan keseimbangan antara manusia dan lingkungannya.

Filosofi Feng Shui sendiri didasarkan pada elemen tanah, logam, air, kayu dan api, yang semuanya dapat direpresentasikan melalui berbagai bentuk, warna, dan material yang ada di seluruh rumah.

Salah satu faktor Feng Shui yang paling penting adalah chi atau energi, yang terdapat di sebuah ruangan.

Joanna Lily Wong yang juga merupakan ahli Feng Shui sekaligus kepala Ennate Design & Development menjelaskan bahwa pemikiran chi seperti aliran air yang dapat berkisar dari tenang hingga deras.

"Di ruangan besar di mana tidak ada banyak furnitur, energi mengalir deras seperti bajir, yang bisa membuat Anda merasa tersesat tanpa tujuan", ujar Wong.

Sebaliknya, ruangan kecil yang dipadati terlalu banyak perabotan tidak memberikan cukup energi untuk bergerak, sehingga menimbulkan perasaan yang seperti diam di tempat.

Nah, berikut ini ada beberapa tips Feng Shui yang bisa menjadi inspirasi sekaligus mendatangkan kebahagiaan di rumah. Mau coba? Simak selengkapnya di bawah ini.

Baca Juga: Menurut Feng Shui, Ini Bagian Terpenting di Rumah yang Harus Selalu Bersih

Membersihkan dan merapikan rumah

1. Bersihkan segala sesuatu yang kotor dan rapikan yang berantakan

Menurut filosofi Feng Shui, berantakan yang berlebihan dapat menghambat aliran energi di rumah Anda.

"Jika Anda merasa lelah, tertekan, tidak termotivasi, atau sesak, chi di rumah Anda mungkin terlalu lambat," kata Santiago. Gunakan solusi pengorganisasian yang membantu Anda meminimalkan kekacuan, terutama di sekitar lorong seperti pintu dan lorong.

Singkirkan semua rintangan yang menghalangi jalan Anda saat melewati rumah, dan singkirkan barang-barang yang tidak perlu yang memenuhi ruangan.

2. Membuka arus lalu lintas

Yang dimaksud membuka arus lalu lintas adalah bagaimana Anda mengatur ruangan Anda supaya membuka jalur energi positif masuk ke rumah Anda.

Aliran lalu lintas yang tersumbat menghasilkan chi yang tersumbat pula, kata Wong. Misalnya di ruang tamu, hindari tata letak yang menempatkan bagian belakang sofa ke arah pintu masuk ruangan, dan pertimbangkan untuk menukar meja kopi persegi Anda menjadi yang berbentuk bundar.

"Sudut yang membulat lebih disukai daripada tepi yang tajam karena memungkinkan arus lalu lintas yang lebih lancar," tambahnya.

Pikirkan juga tentang bagaimana Anda bergerak melewati ruangan demi ruangan dan pastikan rute berjalan mulus dan jelas untuk Feng Shui yang lebih baik.

3. Rancang pintu masuk yang ramah

"Reaksi yang Anda miliki saat memasuki rumah Anda adalah energi yang akan dibawa ke seluruh rumah," kata Wong.

Ciptakan kesan pertama yang positif dengan pintu masuk yang seolah diundang dengan perasaan yang ramah. Kombinasikan tanaman di sekitar pintu masuk dan pintu depan Anda untuk menumbuhkan suasana yang ramah.

Ini yang patut diperhatikan, perbaiki pintu yang rusak, terkadang ini membuat beberapa orang frustasi saat tiba di rumah karena sulit membukanya.

Jangan lupa, tambahkan penerangan.

Baca Juga: Sudah Tahu Belum? Ini 5 Aturan Feng Shui yang Tidak Boleh Dilanggar

4. Bawa tanaman Feng Shui

Tanaman menghadirkan koneksi literal dengan alam di dalam rumah, meminjamkan energi dan kesegaran. Hiasi ruangan dengan banyak tanaman hidup, tetapi berhati-hatilah dalam memilih tanaman.

Pastikan Anda menambahkan tanaman yang sesuai dengan kondisi cahaya di rumah serta komitmennya saat merawat. Waspadalah terhadap tanaman yang memiliki daun runcing atau berduri.

"Tanaman dengan daun yang lebih bulat dan lembut membantu memastikan Anda tidak gelisah," kata Wong.

5. Memanfaatkan command position

Dalam Feng Shui, command position atau komando posisi mengacu pada di mana sebuah perabot atau furnitur berada dalam kaitannya dengan pintu.

Misalnya saat berbaring di tempat tidur atau duduk, Anda idealnya dapat melihat pintu tanpa harus sejajar dengan daun pintu tersebut.

"Anda ingin dapat melihat siapa saja yang memasuki ruang pribadi Anda, tetapi memposisikan diri Anda langsung di depan pintu menempatkan Anda di tempat yang rentan," jelas Wong.

6. Ciptakan keseimbangan dengan warna Feng Shui

Tergantung pada naungannya, warna dapat membumikan atau mengangkat ruangan, jadi pilihlah dengan hati-hati untuk menciptakan keseimbangan yang tepat di seluruh ruangan rumah Anda.

Secara umum, warna yang diredam dan terinspirasi oleh alam akan mendorong ketenangan, sementara warna yang lebih cerah dan lebih hidup akan meningkatkan energi.

Dalam hal ini, Wong merekomendasikan untuk menjaga warna yang lebih gelap lebih rendah ke lantai untuk memberikan fondasi yang kokoh. 

Kemudian aplikasikan warna terang pada dinding dan langit-langit untuk efek terbuka yang seimbang.

Tujuan Feng Shui pada dasarnya bukanlah mencapai kesempurnaan. Fokus pada perubahan kecil yang membantu Anda merasa lebih rileks dan puas. Bagaimana? Apakah Anda ingin menerapkan salah satu tips Feng Shui untuk kebahagiaan di rumah ini?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru