Edukasi

Tips jitu mengolah gurita menjadi sate yang nikmat dan tidak alot

Selasa, 14 Juli 2020 | 16:58 WIB   Reporter: Tiyas Widya Septiana
 Tips jitu mengolah gurita menjadi sate yang nikmat dan tidak alot

ILUSTRASI. Cara mengolah gurita menjadi sate yang nikmat dan tidak alot.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mengolah gurita bukan hal yang rumit, tapi juga tidak mudah. Salah mengolahnya, akan membuat daging gurita menjadi alot seperti karet, terlebih jika Anda akan membakarnya.

Daging gurita populer sebagai isian takoyaki, jajanan khas Jepang yang sangat masyarakat negeri sakura gemari. Selain di Jepang, masakan berbahan dasar gurita juga sering ditemui di Korea Selatan, salah satunya sannakji atau baby octopus yang dimakan hidup-hidup.

Daging gurita sendiri sekarang cukup terkenal, Banyak masyarakat Indonesia yang mengonsumsinya. Tetapi, untuk mengolah gurita agar tidak alot bukan hal yang banyak orang ketahui.

Mengutip Sajian Sedap, WIlliam Gozalli, Juara MasterChef Indonesia season 3, mengatakan, jika mengolah gurita, terutama untuk Anda jadikan sate cukup mudah. Hanya, tidak sembarang gurita bisa Anda pakai untuk membuat kuliner ini.

Baca Juga: Mudah dan ekonomis, intip resep Korean Garlic Cheese Bread yang lagi viral

Baby octopus atau white octopus lebih cocok Anda gunakan sebagai bahan utama membuat sate gurita. Jika dua jenis gurita ini tidak tersedia, gurita berukuran besar juga bisa Anda manfaatkan.

Potong-potong tentakel gurita dengan ukuran yang sama agar matang secara merata saat Anda masak. Gurita yang akan Anda olah pun harus segar, tidak berbau amis, dan tidak lembek. 

Setelah dipotong-potong lalu ditusuk pada tusuk sate, hal yang penting selanjutnya adalah merendam daging gurita dengan larutan baking soda. Rendam selama setidaknya 30 menit sebelum sate Anda bakar agar daging lebih empuk. 

Setelah direndam dengan baking soda, bilas hingga bersih dan marinasi dengan bumbu yang Anda inginkan. Campuran saus teriyaki, lada, dan sedikit garam bisa mengubah sate gurita Anda menjadi ala Jepang.

Baca Juga: Amazing! Ini manfaat infused water lemon dan jeruk nipis untuk kesehatan

Anda juga bisa membuat saus marinasi sederhana ala Indonesia dengan campuran kecap, gula merah, ketumbar, dan lada. 

Membakar sate gurita juga sebentar saja, sekitar 2 menit-3 menit hingga kecoklatan. Mengolah gurita dengan memasaknya terlalu lama akan membuat daging tersebut alot seperti karet.

Gunakan api sedang saat membakar agar daging gurita bisa benar-benar matang. Selamat membakar sate gurita.

Editor: Tiyas Septiana


Terbaru