Tips lolos Interview saat wawancara kerja

Jumat, 10 Juli 2020 | 10:23 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Tips lolos Interview saat wawancara kerja

ILUSTRASI. Ilustrasi Ingin lolos Interview? Ini 5 hal yang perlu diperhatikan saat wawancara kerja. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/hp.


MENCARI KERJA - JAKARTA. Banyak hal yang perlu diperhatikan saat wawancara kerja. Selain seleksi administrasi dan tes tertulis, sesi wawancara juga sangat penting dalam menentukan lolos tidaknya peserta dalam rekrutmen kerja. Tidak sedikit kandidat-kandidat bagus harus gugur saat sesi wawancara. 

Interview memang sering menjadi “momok” bagi para pencari kerja. Sering terkecoh dengan pertanyaan, dokumen tidak lengkap, hingga masalah pakaian menjadi hal penting yang sering membuat peserta gagal. Ada beberapa tips mengenai hal yang perlu diperhatikan saat wawancara kerja, jika Anda ingin sukses dalam interview.

Baca juga: Rapid test corona buatan Indonesia ini bisa deteksi dalam waktu hitungan menit 

  • Cari informasi mengenai perusahaan yang dituju

Gali sedetail dan sedalam mungkin informasi tentang perusahaan yang Anda lamar. Pahami visi dan misi perusahaan tersebut agar Anda lebih paham dan tahu gambaran perusahaan tersebut. Hal ini akan membantu Anda menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait perusahaan saat Anda mengikuti wawancara kerja. Poin ini cukup penting dalam hal yang perlu diperhatikan saat wawancara kerja. Pewawancara akan melihat seberapa besar minat Anda kepada perusahaan melalui pengetahuan dan informasi yang Anda miliki.

  • Gunakan pakaian yang rapi

Menggunakan pakaian formal yang rapi menjadi nilai tambah saat Anda wawancara kerja. Biasanya perusahaan anak meminta para peserta untuk memakai pakaian tertentu seperti pakaian formal atau semi formal. Gunakan sepatu yang tertutup dan berwarna gelap, meskipun dalam syarat berpakaian tidak disebutkan detail alas kaki.

Make up yang simple juga disarankan saat wawancara kerja. Gunakan parfume yang tidak terlalu menyengat menjadi salah satu hal saat wawancara kerja yang sering dilewatkan. Jangan lupa untung datang setidaknya 30 menit sebelum wawancara, agar Anda memiliki waktu untuk berisiap diri.

  • Kenali jobdesk posisi yang dilamar

Penting bagi Anda untuk mengenal tanggung jawab kerja dari posisi yang Anda lamar. Saat interview, pewawancara akan sedikit banyak menanyakan tentang jobdesk posisi yang Anda lamar. Jika jawaban Anda terkesan “seadanya”, penilaian terhadap Anda tentunya berkurang. Meskipun Anda melamar di posisi yang berbeda dari skill dan latar belakang ilmu Anda, dengan memahami pekerjaan yang dilamar bisa menambah nilai Anda di mata pewawancara.

  • Persiapkan dokumen atau barang yang diperlukan untuk wawancara

Jangan lupa persiapkan dokumen atau barang yang dipersyaratkan saat wawancara kerja. Terkadang saking senangnya, Anda bisa saja kelupaan membawa satu atau dua dokumen penting. Penting bagi Anda untuk membaca dengan cermat hal-hal yang perlu dibawa dan dipersiapkan untuk wawancara kerja.

Dua atau sehari sebelum jadwal interview, jangan lupa cek kembali kelengkapan dokumen Anda. Bila perlu buat checklist barang/dokumen yang akan Anda bawa. 

Baca juga: ​Cara mendapatkan promo tiket Beli 1 Gratis 1 di Amazing Art World 

  • Jangan terkecoh dengan pertanyaan “apa kelemahan dan kelebihan Anda”

Salah satu hal yang perlu diperhatikan saat wawancara kerja adalah fokus pada pertanyaan. HRD sering mengajukan pertanyaan mengenai kelemahan dan kelebihan peserta saat wawancara kerja. Mungkin Anda pernah juga mendapatkan pertanyaan ini. Bagi yang belum berpengalaman mengikuti wawancara kerja, bisa saja menjawab “sekenanya” atau malah dengan percaya diri menjawab “tidak ada”. 

Jangan sekali-kali menjawab pertanyaan ini dengan “tidak ada” atau malah sangat jujur tentang diri Anda sendiri. Berikan jawaban “cantik” saat Anda ditanyai mengenai kelebihan dan kelemahan Anda. Jawablah dengan memberikan kelemahan yang umum dilakukan seperti mudah lupa, atau kurang teliti. Setelahnya, Anda tambahkan solusi dalam mengatasi kelemahan tersebut, seperti membuat catatan tentang jobdesk atau mengecek kembali pekerjaan jika Anda kurang teliti. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru