kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Tips melatih anak-anak mendengar sejak dini


Kamis, 24 Oktober 2019 / 22:42 WIB
Tips melatih anak-anak mendengar sejak dini
ILUSTRASI. Ilustrasi mendidik anak yang benar

Sumber: Kompas.com | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - Kemauan dan kemampuan mendengar seharusnya dimiliki sejak usia anak-anak, sebagai bagian dari usaha penguasaan kemampuan sosial dalam kehidupan. 

Mengutip Kompas.com, penguasaan social skill yang baik, sejak usia belia membuat anak bisa menikmati hidupnya dalam pergaulan yang lebih luas. 

Baca Juga: Menurunkan berat badan dengan diet air putih, amankah?

Bahkan, dampak dari penguasaan kemampuan sosial bisa jauh lebih kuat dari pada sebatas penerimaan anak di tengah masyarakat. 

Anak-anak dengan keterampilan sosial yang lebih baik cenderung mendapatkan manfaat langsung. 

Sebuah studi di tahun 2019 menemukan, keterampilan sosial yang baik dapat mengurangi stres pada anak-anak. Misalnya, ketika mereka berada di tempat penitipan anak. 

Itu hanya salah satu contoh kecil. Nah, di antara sederet kemampuan sosial yang wajib dikuasai anak, mendengar adalah salah satunya. 

Mendengar 

Pertama-tama, orangtua harus paham, mendengarkan bukan hanya berdiam diri — tetapi, memastikan anak benar-benar menyerap apa yang dikatakan orang lain.

Mendengarkan adalah komponen penting dari komunikasi yang sehat. 

Baca Juga: Warren Buffet: Ini Kesalahan No. 1 Orang Tua Saat Mengajarkan Uang kepada Anak

Di sisi lain, banyak pembelajaran di sekolah yang amat bergantung pada kemampuan anak mendengarkan apa yang dikatakan guru. 

Menyerap materi, mencatat, dan memikirkan apa yang dikatakan akan menjadi lebih penting ketika anak-anak menempuh pendidikan yang lebih tinggi. 



Video Pilihan

TERBARU

Close [X]
×