kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Tips membesarkan anak agar dapat tumbuh bahagia


Senin, 14 Oktober 2019 / 16:30 WIB
Tips membesarkan anak agar dapat tumbuh bahagia
ILUSTRASI. Putri Charlotte yang merupakan anak kedua dari pasangan Pangeran William dan Kate Middleton baru saja memasuki hari pertama masuk sekolah pada hari kamis (5/9/2019). Putri Charlotte bersekolah di sekolah yang sama dengan kakaknya yakni Pangeran George.  -

Sumber: Kompas.com | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - Anak-anak yang bahagia cenderung akan tumbuh menjadi orang dewasa yang juga lebih bahagia dan sukses. Dibutuhkan pemenuhan nutrisi dan kasih sayang agar anak bisa tumbuh bahagia. 

Psikolog Elizabeth Santosa, M.Psi, mengatakan, bahagia merupakan perasaan tentram atau kestabilan emosi, bukan hanya sekadar rasa senang. Perasaan bahagia ini tidak dibawa sejak lahir, sehingga perlu ditumbuhkan sejak dini dalam keluarga. 

Baca Juga: Ini 5 tips agar anak mendengarkan orang tua

Kematangan emosi dan kebahagiaan anak bisa dibantu dengan mempraktikkan perilaku positif, misalnya dengan tersenyum, melontarkan humor, dan berkomunikasi dua arah dengan anak. 

Menurut psikolog yang akrab disapa Lizie itu, wujud kasih sayang orangtua bisa dilakukan dengan rutin menghabiskan waktu dengan anak.

“Orangtua juga perlu terlibat, mendengar dan memperhatikan. Aktivitas bersama sangat dibutuhkan, misalnya dengan mengajaknya main bersama, berinteraksi,” kata Lizie. 

Pada anak yang sudah lebih besar, bangun komunikasi dengan rutin menanyakan kabar anak setiap hari. “Coba tanyakan kabar baik apa yang ia miliki hari itu. Mungkin akan akan bingung, nah orangtua bisa memberikan contoh hal-hal baik yang disyukuri hari itu apa aja,” tuturnya. 

Baca Juga: Ini tantangan membesarkan anak generasi aplha




TERBARU
Terpopuler

×