Tips mengatasi iCloud yang sering penuh di iPhone

Sabtu, 26 September 2020 | 10:00 WIB   Penulis: Arif Budianto
Tips mengatasi iCloud yang sering penuh di iPhone


IPHONE - PRATAYANG SABTU

Bagi pengguna iPhone terkadang suka kesal sendiri dengan notifikasi iCloud penuh. Padahal sisa ruang memori di iPhone kita masih cukup, tetapi terkadang notifikasi iCloud penuh selalu muncul. Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Sebagaimana kita ketahui, Apple menggunakan penyimpanan awan atau cloud storage besutannya bernama iCloud. Lewat iCloud pengguna iPhone bisa cadangkan atau backup file-file penting saat memori penuh.

Meskipun begitu, terkadang kita menemukan memori masih tersisa namun iCloud notifikasinya penuh. Padahal kita belum cadangkan apapun di iCloud.

Ini menjadi masalah yang cukup klasik bagi sebagian orang pengguna iPhone. 

Lalu bagaimana cara mengatasi iCloud yang sering penuh?

Baca Juga: Fitur picture in picture iOS 14 tidak bisa digunakan di YouTube sebelum lakukan ini

Tentang iCloud

Sedikit berkenalan dengan iCloud. Tahun 2011 lalu, pertama kalinya Apple memperkenalkan iCloud.

Sebuah layanan cloud storage atau penyimpanan awan beustannya. Fungsi dari iCloud ini tidak lain untuk menyimpan file di awan alias di internet. 

Mirip dengan Google Drive, pengguna dapat menyimpan file apapun disana. Termasuk foto, video, hingga backup file aplikasi tertentu.

Untuk pengguna iPhone bisa mendapatkan akses iCloud gratis. Sayangnya hanya terbatas 5 GB saja. Jadi Anda tidak bisa menyimpan file sebanyak lebih dari 5 GB di iCloud.

ILUSTRASI: iPhone

Cara mengatasi iCloud yang sering penuh

Melalui situs resmi Apple, mereka membagikan tips mudah mengatasi iCloud yang sering penuh. Berikut tips untuk mengatasi iCloud yang sering penuh di iPhone.

1. Atur aplikasi tertentu yang ingin dicadangkan ke iCloud

Untuk menghemat iCloud Anda perlu memilah aplikasi tertentu saja yang dicadangkan ke iCloud. Jika semua dicadangkan ke iCloud tentu saja bakal cepat penuh ruang penyimpanannya.

Berikut cara mengaturnya:

  • Buka pengaturan > (nama iCloud Anda) > iCloud.
  • Ketuk kelola penyimpanan > Cadangan.
  • Ketuk nama perangkat yang digunakan.
  • Dalam menu "Pilih Data untuk Cadangkan, nonaktifkan aplikasi apapun yang tidak ingin dicadangkan.
  • Pilih "Nonaktifkan & Hapus".

Aplikasi yang sudah Anda nonaktifkan secara tidak akan tersimpan di iCloud untuk sekarang ini. Jadi bisa sedikit membuat iCloud Anda lega.

2. Menghapus cadangan dan menonaktifkan cadangan iCloud untuk iPhone Anda

Berikut cara menonatifkan cadangan iCloud:

  • Buka pengaturan > (nama perangkat Anda) > ketuk iCloud.
  • Ketuk kelola penyimpanan > pilih Cadangan.
  • Pilih perangkat yang ingin dihapus cadangannya.
  • Pilih "Hapus Cadangan" > Matikan & Hapus.

Setelah Anda menonaktifkan cadangan iCloud, Anda tidak bisa menggunakannya lagi setelah 180 hari. Artinya, Anda baru bisa menggunakan iCloud atau mencadangkan kembali setelah 3 bulan lamanya.

3. Menghapus beberapa foto

Foto yang Anda simpan biasanya otomatis disimpan juga di iCloud. Sudah menjadi rahasia umum pengguna iPhone gemar melakukan foto dengan ponselnya tersebut. 

Tidak heran koleksi fotonya bisa ratusan bahkan ribuan lebih. Hal tersebut bisa membuat iCloud cepat penuh dan muncul notifikasi yang cukup mengganggu.

Anda perlu menghapus beberapa foto yang mungkin tidak diperlukan. Atau sebelum itu Anda juga bisa memindahkan ke laptop atau komputer lewat iTunes.

4. Hapus file di iCloud

Mungkin Anda juga tidak sengaja menyimpan file di iPhone secara otomatis tersimpan di iCloud. Anda bisa masuk ke app "Files", ketuk telusuri. 

Di lokasi, pilih iCloud Drive, lalu pilih folder atau file yang ingin dihapus. Belum selesai, lanjutkan buka lokasi kemudian pilih terakhir dihapus.

Pilih file yang dihapus lalu ketuk hapus. Langkah tersebut untuk menghapus file atau folder secara permanen. Artinya tidak bisa lagi dikembalikan sehingga bisa membuat ruang iCloud sedikit lebih lega.

5. Menghapus pesan teks dan lampiran email

Pesan teks dan lampiran email juga secara otomatis akan tersmipan di iCloud. Untuk itu Anda perlu menghapusnya jika dirasa sudah tidak diperlukan.

Dengan begitu iCloud Anda akan semakin lega dan terhindar dari notifikasi yang kerap kali muncu.

6. Berlangganan iCloud

Solusi terakhir untuk mengatasi iCloud yang sering penuh yakni dengan berlangganan paket yang tersedia. Apple menawarkan paket iCloud bervarias jika 5 GB dirasa tidak cukup.

Berikut harga paket iCloud:

  • 50 GB/bulan - Rp 15.000
  • 200 GB/bulan - Rp 45.000
  • 2 TB/bulan - Rp 149.000

Pada dasarnya iCloud sering penuh karena file-file yang tersimpan di iPhone akan dicadangkan langsung. Pengaturan bawaan iPhone memang seperti itu. Namun Anda bisa mengakalinya dengan cara di atas.

Sebenarnya hanya tinggal mematikan fitur cadangan ke iCloud saja bisa membuat mengurangi ruang penyimpanan.

Sebagai penutup, selamat mencoba!

Selanjutnya: Tips iPhone: Cara ubah default browser Safari menjadi Google Chrome di iOS 14

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru