Edukasi

Tips menjawab pertanyaan tentang alasan resign dari perusahaan sebelumnya

Jumat, 23 Oktober 2020 | 07:40 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Tips menjawab pertanyaan tentang alasan resign dari perusahaan sebelumnya

ILUSTRASI. Tips menjawab pertanyaan tentang alasan resign dari perusahaan sebelumnya. KONTAN/Fransiskus Simbolon/09/01/2015


KONTAN.CO.ID -  Beberapa dari Anda mungkin telah resign atau mengundurkan diri dan sedang mencari pekerjaan. 

Ada berbagai alasan mengapa seorang karyawan memilih mengundurkan diri. Bisa karena memang ingin istirahat atau mencari kesempatan di kantor lain. 

Saat sesi wawancara kerja, recruiter kadang menanyakan alasan resign dari perusahaan sebelumnya. 

Bersumber dari The Balance Career, ada beberapa alasan mengapa recruiter menanyakan hal tersebut. Mereka ingin tahu apakah Anda resign secara mandiri, di-PHK, atau karena kontrak Anda sudah habis. 

Recruiter juga ingin melihat hubungan Anda dengan perusahaan sebelumnya. Recruiter juga ingin tahu apakah alasan Anda valid dan masuk akal. 

Berikut tips menjawab pertanyaan mengenai alasan resign dari perusahaan sebelumnya. Tips di bawah ini dirangkum dari The Balance Career dan FlexJobs.

  • Mencari pengalaman baru

Gunakan kesempatan ini untuk menjelaskan kemampuan Anda. Berikan alasan jika Anda ingin menantang diri dengan kemampuan yang dimiliki. 

Hindari mengatakan jika pekerjaan Anda sebelumnya stagnan. 

  • Hubungan kerja tidak baik

Mungkin alasan Anda mengundurkan diri karena hubungan kerja yang tidak baik. Bisa karena atasan, teman, atau lingkungan kerja yang tidak kondusif. 

Hindari kata-kata negatif tentang perusahaan sebelumnya. Ubah kalimat Anda menjadi lebih positif seperti lingkungan yang berubah dari yang Anda inginkan. 

Tambahkan jika Anda mencari lingkungan yang bisa berkolaborasi dengan baik agar performa meningkat. 

Editor: Tiyas Septiana


Terbaru