Toprak Razgatlioglu pastikan gelar juara dunia WSBK 2021 di Sirkuit Mandalika

Minggu, 21 November 2021 | 11:51 WIB Sumber: Kompas.com
Toprak Razgatlioglu pastikan gelar juara dunia WSBK 2021 di Sirkuit Mandalika

ILUSTRASI. Pembalap berada di area paddock saat sesi latihan bebas pertama (Free Practice) balapan World Superbike (WSBK) di Pertamina Mandalika International Street Circuit di KEK Mandalika. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/foc.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Balapan pertama (Race 1) World Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, menyajikan banyak drama antara dua penantang gelar, Toprak Razgatlioglu dan Jonathan Rea. Setelah melalui banyak drama, Toprak Razgatlioglu dipastikan menjadi juara dunia WSBK 2021 meski Jonathan Rea berhasil memenangi balapan pertama di WSBK Mandalika. 

Toprak Razgatlioglu dipastikan menjadi juara dunia setelah dirinya finis di peringkat kedua WSBK Mandalika 2021. Kini, Toprak Razgatlioglu selaku pemimpin klasemen WSBK Mandalika telah mengantongi 551 poin. Sementara itu, Jonathan Rea yang memenangi balapan pertama WSBK Mandalika 2021 berada di peringkat kedua klasemen dengan koleksi 526 poin. 

Rea sejatinya masih bisa menyamai raihan poin Toprak Razgatlioglu pada balapan kedua WSBK Mandalika sore nanti. Meski hal itu terjadi, Toprak Razgatlioglu tetap akan menjadi juara dunia karena unggul jumlah kemenangan dalam sesi balapan yang telah dilalui sepanjang WSBK musim 2021. 

Jalannya balapan pertama WSBK Mandalika 2021 Balapan pertama WSBK Mandalika yang dijadwalkan berlangsung mulai pukul 10.00 WIB kembali mengalami penundaan. Ketika para pebalap sudah bersiap di posisi start, petugas sirkuit menunjukkan papan berisi tulisan yang menginformasikan bahwa balapan harus ditunda beberapa menit akibat hujan. 

Lalu, saat waktu menunjukkan pukul 10.05 WIB, para pebalap dipersilakan untuk melakukan warm-up lap. Setelah mencoba satu putaran Sirkuit Mandalika yang diguyur hujan ringan, para pebalap memutuskan untuk mengganti ban. Staf dari masing-msaing tim pun dengan sigap mengganti ban sambil berdiskusi dengan para pebalapnya. Pada pukul 10.13, para pebalap kembali melakukan warm-up lap. 

Baca Juga: Intip mewahnya Hotel Pullman Mandalika, view langsung ke pantai

Kini, mereka cukup yakin dengan ban yang digunakan dan siap menjalani 20 lap pada balapan pertama WSBK Mandalika. Balapan kemudian dimulai pukul 10.15 WIB. Jonathan Rea (Kawasaki) yang sedang berusaha mengejar ketertinggalan poin dari pemimpin klasemen, Toprak Razgatlioglu (Pata Yamaha), melakukan start dengan apik. 

Dia mulai memimpin sejak tikungan pertama Sirkuit Mandalika. Namun, keunggulan Jonathan Rea tak bertahan lama. Dia tersalip Toprak Razgatlioglu ketika memasuki lap kedua. Pada awal lap ketiga, posisi tiga besar secara berurutan ditempati oleh Toprak Razgatlioglu, Jonathan Rea, dan Axel Bassani (Ducati). Lalu, pada lap keempat, giliran Bassani yang menyalip Jonathan Rea. 

Tak lama setelah itu, Bassani juga menyalip Toprak Razgatlioglu dan merebut posisi pertama. Tak berhenti di situ, lap keempat terus menghadirkan drama. Seketika, Jonathan Rea yang berada di peringkat ketiga, menyerang hingga merebut posisi terdepan. Toprak Razgatlioglu yang tak mau kalah juga berhasil menyalip Bassani dan merebut posisi kedua. 

Posisi Rea dan Toprak tak berubah hingga lap ketujuh. Setelah memasuki lap kedelapan, barulah Toprak kembali menyalip Rea, sedangkan posisi Bassani di peringkat ketiga digantikan oleh Scott Redding (Ducati). Berselang tiga lap kemudian, drama di tiga besar kembali terjadi. Toprak yang tengah memimpin balapan justru melebar ketika hendak menikung di Tikungan 15 Sirkuit Mandalika. 

Hal itu menjadi keuntungan bagi dua pebalap di belakangnya, yakni Redding dan Rea. Redding dan Rea otomatis naik ke peringkat satu dan dua, sedangkan Toprak tertinggal 1,232 detik di peringkat ketiga. Ketika balapan tersisa lima lap, Jonathan Rea berhasil menyalip Scott Redding. 

Dia pun mampu menjaga keunggulan hingga menyentuh garis finis. Namun, Toprak Razgatlioglu, berhasil finis di peringkat kedua.  Bagi Toprak Razgatlioglu, hasil ini sudah cukup untuk memastikan dirinya sebagai juara dunia WSBK musim 2021 meski Jonathan Rea mampu memenangi balapan pertama di Sirkuit Mandalika. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Hasil WSBK Mandalika: Penuh Drama, Toprak Pastikan Gelar, meski Rea Menangi Race 1"

 

Selanjutnya: PLN berharap tambahan insentif bagi kendaraan ramah lingkungan

Editor: Handoyo .
Terbaru