Umat Muslim Wajib Tahu, Ini 3 Keutamaan Membaca Al Quran Tiap Hari Menurut Rasulullah

Sabtu, 25 Februari 2023 | 13:50 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Umat Muslim Wajib Tahu, Ini 3 Keutamaan Membaca Al Quran Tiap Hari Menurut Rasulullah


EDUKASI -  Membaca kitab suci Al Quran merupakan kewajiban bagi umat muslim. Rasulullah bahkan menyebutkan bahwa ada banyak keutamaan membaca Al Quran setiap hari. 

Al Quran adalah kita suci sekaligus pedoman hidup bagi umat Muslim. Kitab suci agama Islam ini diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW. 

Dosen Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya), Sokhibul Arifin menjelaskan beberapa keutamaan membaca Al Quran setiap hari menurut Rasulullah.

Keutamaan membaca Al Quran setiap hari yang pertama adalah menjadikan hidup lebih berkah dan dimudahkan segala urusan.

“Keutamaan membaca Alquran bahkan disebutkan secara rinci, salah satunya melalui hadist dari Riwayat Abdullah Ibnu Mas‘ud yang menjelaskan, setiap satu huruf yang dibaca akan diberi balasan satu kebaikan,” tegas Sohib.

Baca Juga: Bank Indonesia Buka Beasiswa 2023 Mahasiswa dan Siswa Vokasi, Cek Infonya

Rasulullah SAW. bersabda: 

“Siapa saja membaca satu huruf dari Kitabullah (Alquran) maka dia akan mendapat satu kebaikan. Sedangkan satu kebaikan dilipatkan kepada sepuluh semisalnya. Aku tidak mengatakan alif lâm mîm satu huruf. Akan tetapi, alif satu huruf, lâm satu huruf, dan mîm satu huruf.” (HR At-Tirmidzi).

Keutamaan membaca Al Qur'an setiap hari

Keutamaan selanjutnya adalah memberi syafaat di akhirat. Seperti yang diriwayatkan dari Abu Umamah al-Bahili, Rasulullah SAW bersabda, 

"Bacalah Alquran, maka sesungguhnya ia akan datang di hari kiamat memberi syafaat kepada pembacanya".

Sohib menjelaskan bahwa hadist tersebut memerintahkan umat muslim untuk menjadikan Al Qur'an sebagai bacaan utama harian. 

“Kelak Al-Quran akan menjadi sahabat di akhirat jika kita sudah membersamainya sejak di dunia,”jelasnya lagi.

Bagi yang membaca Al Quran, kemudian mempelajarinya dan mengamalkannya maka kedua orangtua-nya dipakaikan mahkota dari cahaya pada hari kiamat.

Hal ini sebagaimana sabda nabi Muhammad SAW. 

“Siapa saja membaca Al-Quran, mempelajarinya dan mengamalkannya, maka dipakaikan kepada kedua orangtua nya pada hari kiamat mahkota dari cahaya dan sinarnya bagaikan sinar matahari" (HR. Hakim)

Baca Juga: Cara Memilih Tempat Magang yang Sesuai Minat dan Kemampuan, Pelajar Perlu Catat

Dengan semua keutamaan itu, sangat wajar apabila sahabat nabi berlomba-lomba membaca, mempelajari dan mengamalkan isi Al Quran. 

Dalam sebuah riwayat, Rasulullah SAW. memerintahkan Abdullah bin Umar agar mengkhatamkan Al Quran seminggu sekali (HR Ahmad).

Begitu juga sahabat nabi yang lain yaitu Zaid bin Tsabit, Usman bin ‘Affan, Ubay bin Ka’ab dan Ibnu Mas’ud; telah menjadikan dzikirnya untuk mengkhatamkan Al Quran pada setiap hari Jumat. 

Namun demikian, minimal, hendaknya setiap Muslim bisa mengkhatamkan Al Quran setidaknya sebulan sekali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru