Usai Tour de Flores, sila coba Tour di Timor

Selasa, 05 Desember 2017 | 09:16 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Usai Tour de Flores, sila coba Tour di Timor


TRAVEL - JAKARTA. Jika belum ada rencana travelling 9-12 Desember 2017 ini, silakan lingkari kalender Anda untuk terbang ke Nusa Tenggara Timur, karena Tour di Timor 2017 akan digelar. Seluruh destinasi wisata yang keren dipastikan siap menyapa setiap tamu yang datang.

"Usai Tour de Flores, kini hadir Tour di Timor. Ini akan membuat potensi wisata di sejumlah kabupaten di NTT semakin populer di dunia," ujar Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Esthy Reko Astuti dalam keterangan yang diterima KONTAN, Selasa (5/12).

Tour di Timor (TdT) 2017 yang digelar pertama kalinya ini akan menempuh jarak sepanjang 386 km. Lintasannya terbagi atas empat etape dan rutenya akan melewati pesona wisata crossborder Indonesia yang berawal dari Betun Malaka sampai dengan Kota Kupang.

"Ini akan menjadi event yang sangat efektif untuk promosi. Media value atau media branding-nya tinggi. Media value yang didapat minimal bisa dua kali lipat dari direct impact turis yang datang karena dipromosikan oleh media nasional dan internasional sebelum, sesaat, dan sesudah acara," tutur Esthy.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTT, Dr. Marius A. Jelamu ikut mengamini. Karenanya seluruh rutenya diset melalui tempat-tempat eksotis. Dari titik start hingga garis finish, semuanya akan menyuguhkan panorama yang keren.

"Lapangan umum Betun akan jadikan sebagai garis start untuk para pesepeda yang akan mengeksplore obyek wisata di sepanjang perjalanan Malaka-Kupang di Pulau Timor. Dari awal lomba kita akan membawa para peserta Tour di Timor ke pantai Motadikin. Di sana kami akan mengenalkan sekaligus mempromosikan keindahan pantainya," ujar Jelamu.

Di Motadikin, seluruh peserta bisa menikmati panjang garis pantai sekitar 10 km. Bisa juga melihat dan merasakan langsung kehidupan nelayan. Dan semuanya, bisa dinikmati sambil melihat hamparan berbagai jenis pohon bakau di sepanjang pesisir. “Secara total, etape pertama ini akan menempuh jarak 70.8 km hingga Atambua. Nanti peserta akan semalam menginap di Atambua," lanjutnya.

Saat ini, sudah ada 600 peserta yang mendaftar. Sebanyak 241 peserta di antaranya berasal dari Timor Leste. “Target kami ada 600 pegowes Timor Leste yang akan ikut serta," pungkas Jelamu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dessy Rosalina

Terbaru