Resmi, Valentino Rossi pensiun dari MotoGP akhir 2021

Kamis, 05 Agustus 2021 | 22:41 WIB   Reporter: SS. Kurniawan
Resmi, Valentino Rossi pensiun dari MotoGP akhir 2021

ILUSTRASI. Pebalap Monster Energy Yamaha Valentino Rossi beraksi pada babak kualifikasi MotoGP Austria di Sirkuit Red Bull di Spielberg, Austria, Sabtu (15/8/2020). REUTERS/Lisi Niesner.


MOTOGP - Juara Dunia sembilan kali, Valentino Rossi mengumumkan, ia akan pensiun dari MotoGP pada akhir 2021. The Doctor akan mengakhiri karier Grand Prix-nya selama 25 tahun.

Pada Kamis (5/8), menjelang Grand Prix Michelin di Styria, Rossi mengkonfirmasi, musim ini akan menjadi yang terakhir baginya.

"Saya mengatakan, saya akan mengambil keputusan untuk tahun depan setelah liburan musim panas, dan saya memutuskan untuk berhenti di akhir musim," kata legenda balap motor Italia ini.

“Sayangnya, ini akan menjadi setengah musim terakhir saya sebagai pebalap MotoGP," ujar Rossi, seperti dikutip motogp.com.

"Dan itu sulit, ini momen yang sangat menyedihkan karena sulit untuk mengatakan dan mengetahui bahwa tahun depan saya tidak akan balapan dengan motor, saya sudah melakukan itu karena saya pikir lebih banyak atau kurang dari 30 tahun," sebut dia.

Baca Juga: Valentino Rossi dinyatakan positif Covid-19!

"Tahun depan, hidup saya akan berubah. Tapi itu luar biasa, saya sangat menikmatinya, ini adalah perjalanan yang sangat panjang dan itu sangat, sangat menyenangkan," ungkap Rossi. 

"Sudah 25, 26 tahun di Kejuaraan Dunia, jadi terhebat. Dan, saya memiliki momen tak terlupakan dengan semua orang, orang-orang yang bekerja untuk saya, jadi sya tidak punya banyak hal untuk dikatakan, hanya ini," imbuh dia.

Pembalap berusia 42 tahun itu akan terus membalap untuk Petronas Yamaha SRT sepanjang sisa Kejuaraan Dunia MotoGP 2021, sebelum berkonsentrasi pada tim MotoGP barunya, Aramco Racing Team VR46, pada 2022.

Sepanjang kariernya di MotoGP, Rossi meraih tujuh Kejuaraan Dunia kelas utama, memenangkan 115 Grands Prix, termasuk rekor 89 kemenangan kelas utama, dan berdiri di podium 235 kali sejak ia memulai balapan pada 1996.

Selanjutnya: Resmi gabung ke Petronas musim depan, Rossi tak sabar tampil di MotoGP Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru