Gadget

Video call berempat pakai Whatsapp untuk kerja dari rumah, ini caranya

Selasa, 17 Maret 2020 | 10:53 WIB Sumber: Kompas.com
Video call berempat pakai Whatsapp untuk kerja dari rumah, ini caranya

ILUSTRASI. The Whatsapp logo and binary cyber codes are seen in this illustration taken November 26, 2019. REUTERS/Dado Ruvic/Illustration

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sebagai bentuk pencegahan penyebaran virus Corona, pemerintah mengimbau masyarakat melakukan kegiatan dari rumah, seperti bekerja, belajar dan beribadah. Imbauan bekerja dari rumah tersebut mulai diterapkan sebagian kantor dan perusahaan, terutama di wilayah DKI Jakarta.

Lantas, bagaimana aktivitas pekerjaan bisa dilakukan dari rumah? Aplikasi WhatsApp Video Call bisa menjadi alternatif untuk melakukan rapat virtual dalam jumlah kecil. Fitur Group Video Call di WhatsApp ini sudah digulirkan sejak 2018 lalu.

Baca Juga: Layanan perbankan tetap beroperasi normal di tengah penyebaran virus corona, tapi...

Namun hingga kini, jumlah peserta video call yang bisa ditampung WhatsApp baru empat.  Lantas, bagaimana cara melakukan group video call berempat dengan WhatsApp?

Caranya, ketika sudah melakukan video call dengan salah satu orang, ketuk ikon kontak bertanda + di pojok kanan atas, lantas pilih kontak yang ingin diajak bergabung dalam obrolan.

Ketika sudah ada dua atau tiga orang masuk dalam satu obrolan, penerima video call selanjutnya bisa melihat foto profil dan nomor atau nama semua partisipan yang sudah bergabung. Sehingga bisa membantu penerima video call untuk menentukan apakah ingin bergabung atau tidak.

Cara serupa juga bisa dilakukan untuk fitur "Group Voice Calling" yang juga rilis di versi pembaruan yang sama.

Baca Juga: Editorial media China: Dunia harus belajar dari Tiongkok dalam melawan virus corona

Baik fitur "Group Video Calling" maupun "Group Voice Calling" diumumkan langsung oleh CEO Facebook Mark Zuckerberg dalam agenda developer tahunan "F8" Mei 2018 lalu.

 “Group Video Calling akan menjadi cara baru untuk orang-orang terkoneksi secara privat dengan teman-teman dekat, grup, dan bisnis,” ujar Zuckerberg. (Wahyunanda Kusuma Pertiwi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kerja dari Rumah, Begini Cara Video Call Berempat Pakai WhatsApp",

 


Editor: Yudho Winarto


Terbaru