WhatsApp Bakal Kedatangan Fitur Sembunyikan Status Online, Bagaimana Caranya?

Selasa, 05 Juli 2022 | 09:11 WIB   Penulis: Arif Budianto
WhatsApp Bakal Kedatangan Fitur Sembunyikan Status Online, Bagaimana Caranya?

ILUSTRASI. WhatsApp Bakal Kedatangan Fitur Sembunyikan Status Online, Bagaimana Caranya?


WHATSAPP - WhatsApp bakal kedatangan fitur sembunyikan status online dan terakhir dilihat, bagaimana caranya? Fitur ini sebenarnya belum rilis secara resmi, namun pengguna WhatsApp versi Beta dapat mencobanya lebih dulu.

Belum rilis secara resmi, WhatsApp bakal kedatangan salah satu fitur yang cukup menarik. Mungkin ini bakal menjadi fitur WhatsApp yang bakal diantisipasi oleh para penggunanya.

Adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk menyembunyikan status online dan terakhir dilihat atau last seen.

Seperti yang kita ketahui, status online dan terakhir dilihat menunjukkan kapan terakhir kali kontak Anda menggunakan WhatsApp atau melihat apakah mereka sedang online.

Jika kontak sedang online, berarti kontak tersebut sedang membuka WhatsApp pada perangkatnya dan terhubung ke internet. Namun demikian, hal tersebut bukan berarti menunjukkan bahwa kontak telah membaca pesan Anda.

Sementara itu, terakhir dilihat atau last seen menunjukkan kapan terakhir kali kontak Anda menggunakan WhatsApp.

Anda mampu mengatur siapa saja yang bisa melihat status terakhir dilihat atau last seen Anda melalui setelan privasi. Anda tidak dapat melihat status online pengguna lain kecuali mereka menyimpan nomor Anda atau sebelumnya pernah mengirimi pesan.

Itulah sedikit penjelasan tentang fitur status online dan terakhir dilihat atau last seen di WhatsApp. Untuk saat ini, status online dan terakhir dilihat memang tidak bisa disembunyikan.

Tidak ada settingan yang dapat mengatur siapa saja yang dapat melihat informasi online Anda.

Kabar baiknya, WhatsApp akan menambahkan fitur yang memungkinkan Anda menyembunyikan status online dan terakhir dilihat.

Dikutip dari WABetainfo (05/07/2022), baru-baru ini WhatsApp versi Beta untuk iOS kedatangan fitur yang dapat menyembunyikan status online dan terakhir dilihat.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Kode Aktivasi FF Advance Server, Penting Buat Login ke Dalam Game

Fitur ini benar-benar memungkinkan Anda menyembunyikan kedua status tersebut. Baik status online atau terakhir dilihat dapat Anda sembunyikan.

Fitur sembunyikan Status online WhatsApp dan Terakhir dilihat atau last seen

Melalui screenshot yang dibagikan WABetainfo melalui WhatsApp Beta di iOS, fitur tersebut menambahkan satu opsi "Everyone" dan "Same as Last Seen" pada pengaturan privasi.

Jika opsi tersebut Anda pilih, maka kontak yang Anda simpan tidak dapat melihat status online maupun terakhir dilihat atau last seen.

Opsi tersebut dapat Anda temukan ketika mengakses Pengaturan > Akun > Privasi. Cara untuk menyembunyikan status online dan terakhir dilihat misalnya dengan mencentang "My Contacts" untuk opsi "Same as Last Seen".

Baca Juga: Informasi Seputar Update Genshin Impact Versi 2.8, Kapan Tanggal Rilisnya?

Jika Anda memberikan centang pada kedua opsi tersebut, artinya kontak yang tidak disimpan tidak dapat melihat status online WA Anda. Pengaturan tersebut dapat Anda sesuaikan dengan preferensi yang Anda inginkan.

Meskipun fitur tersebut dapat menyembunyikan status online dan terakhir dilihat atau last seen, orang yang sebelumnya pernah mengirim pesan atau chat tetap bisa melihat status online Anda.

Tetapi jangan khawatir, Anda juga dapat menyesuaikan pengaturan "Siapa saja yang dapat melihat informasi pribadi saya" untuk benar-benar menyembunyikan status online Anda dari siapa pun.

Menarik, bukan? Sekali lagi perlu diingat, fitur sembunyikan status dan terakhir dilihat atau last seen ini masih dalam tahap pengembangan. Belum ada kepastian kapan fitur ini rilis secara resmi untuk pengguna WhatsApp secara luas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru