WhatsApp hilangkan last seen atau terakhir dilihat bila chat dengan kontak asing

Rabu, 15 Desember 2021 | 08:53 WIB   Penulis: Arif Budianto
WhatsApp hilangkan last seen atau terakhir dilihat bila chat dengan kontak asing


WHATSAPP - WhatsApp hilangkan status last seen atau terakhir dilihat bila chat dengan kontak asing atau yang belum pernah ditambahkan sebelumnya. Hadirnya fitur ini diharapkan dapat meningkatkan privasi pengguna WhatsApp, terlebih jika pengguna chat dengan kontak asing atau yang belum pernah ditambahkan sebelumnya.

Beberapa orang mungkin kerap kali kesal atau mungkin Anda yang sedang menunggu balesan dari "doi" padahal status last seen WhatsApp-nya baru beberapa saat yang lalu. Begitulah kegunaan fitur last seen atau terakhir dilihat di aplikasi pesan instan WhatsApp.

Statsi last seen menandakan bahwa pengguna WhatsApp waktu terakhir kali melihat atau menggunakan aplikasi tersebut. Terlepas membalas pesan atau tidak, status last seen atau terakhir dilihat ini akan menampilkan kapan Anda terakhir kali menggunakan WhatsApp.

Status last seen atau terakhir kali dilihat ini juga sebelumnya dapat dilihat oleh kontak asing yang belum pernah kita simpan sebelumnya. 

Berbicara tentang status last seen atau terakhir dilihat, WhatsApp baru-baru ini menghadirkan fitur yang meningkatkan privasi penggunanya.

Mengutip dari WABetainfo, pihak WhatsApp melakukan perombakan fitur status last seen atau terakhir dilihat ini. Fitur ini diketahui dapat melindungi privasi pengguna dari kontak asing atau tidak diketahui yang belum pernah ditambahkan sebelumnya.

Baca Juga: Nomor WA Anda diblokir? Simak ciri-ciri nomor WhatsApp diblokir seseorang

Ilustrasi keamanan Whatsapp

Kontak asing atau yang tidak diketahui tidak dapat melihat status last seen atau terakhir kali dilihat. Mereka juga tidak dapat melihat status apakah kita sedang online atau tidak.

Dengan demikian, privasi Anda bakal lebih aman apabila ada kontak asing atau yang belum pernah chat sebelumnya tiba-tiba menghubungi.

Baca Juga: Fitur Pesan Sementara di WhatsApp kini jadi opsi default, durasi maksimal 90 hari

Terlepas dari semua itu, bukan berarti kontak yang telah Anda simpan tidak dapat melihat status online dan last seen atau terakhir dilihat. Fitur tersebut hanya berpengaruh terhadap kontak asing atau yang belum pernah chat dengan Anda sebelumnya.

Pengguna WhatsApp lain yang telah tersimpan di kontak Anda masih dapat melihat status online dan last seen atau terakhir dilihat. Kecuali, bila Anda mengaktifkan fitur privasi last seen untuk kontak tertentu atau bahkan tidak dapat dilihat siapa pun.

Fitur ini kabarnya telah tersedia untuk pengguna WhatsApp Beta, baik di Android maupun iOS. Bila Anda ingin menjajalnya, segera update WhatsApp Beta ke versi yang terbaru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru