Windows 11 akan rilis 5 Oktober 2021, apakah laptop atau PC Anda sudah siap?

Rabu, 01 September 2021 | 08:39 WIB Sumber: The Verge
Windows 11 akan rilis 5 Oktober 2021, apakah laptop atau PC Anda sudah siap?

ILUSTRASI. Windows 11 akan rilis 5 Oktober 2021, apakah laptop atau PC Anda sudah siap?


WINDOWS 11 - Microsoft akhirnya resmi mengumumkan tanggal rilis Windows 11. Sistem operasi (OS) penerus Windows 10 ini akan rilis pada tanggal 5 Oktober 2021, apakah laptop atau PC Anda sudah siap?

Microsoft lewat blog resminya, akhirnya mengumumkan jadwal perilisan Windows 11. Sistem operasi terbaru dari Microsoft ini dijadwalkan akan meluncur mulai tanggal 5 Oktober 2021 mendatang.

Setelah melewati beberapa proses dengan merilis versi beta lewat program Windows Insider Program, akhirnya Microsoft memantapkan dirinya untuk merilis Windows 11. Perilisan Windows 11 ini akan dimulai secara bertahap, artinya tidak semua perangkat, termasuk laptop dan PC di seluruh dunia bisa langsung menjajal OS tersebut.

Mengutip dar The Verge, perangkat baru (laptop/PC) yang telah memenuhi syarat akan bisa melakukan upgrade untuk pertama kalinya. Baru, setelah tanggal rilis tersebut, tepatnya beberapa minggu atau bulan ke depan, Windows 11 akan tersedia untuk perangkat yang lebih banyak lagi.

"Belajar dari Windows 10, kami ingin mmeastikan bahwa akan memberikan pengalaman terbaik kepada Anda semua", ujar Aaron Woodman selaku manajer umum pemasaran Windows di Microsoft.

"Kami berharap semua perangkat yang memenuhi syarat akan ditawarkan upgrade gratis ke Windows 11 pada pertengahan 2022", tambahnya.

Ya, Microsoft memang akan memberikan penawaran upgrade Windows 11 secara gratis. Tetapi dengan catatan, laptop atau PC yang Anda gunakan telah memenuhi syarat atau spesifikasi minimum.

Untuk mengecek apakah laptop atau PC Anda memenuhi syarat minimum, kunjungi link berikut ini untuk mengunduh aplikasi PC Health Check Application. Aplikasi tersebut akan mendeteksi secara otomatis apakah laptop atau PC Anda memenuhi syarat minimum untuk upgrade ke Windows 11.

Windows 11

Baca Juga: PUBG Mobile kolaborasi dengan anime Jujutsu Kaisen, bakal ada banyak crossover

Spesifikasi Windows 11

Berikut spesifikasi minimum yang dibutuhkan Windows 11:

  • Procesor: 1 GHz (2 core atau lebih, 64-bit)
  • RAM: 4 GB
  • Storage:  64GB atau lebih tinggi
  • System Firmware: UEFI, Secure Boot
  • TPM: Trusted Platform Module (TPM) versi 2.0
  • GPU: Kompatibel dengan DirectX 12 atau WDDM 2.0 driver
  • Display: High definition (720p)

Meskipun spesifikasi minimum ini menjadi syarat wajib, pengguna masih bisa memasang Windows 11 dengan metode install lewat ISO. Metode tersebut bisa dilakukan setidaknya apabila laptop atau PC Anda memiliki TPM dengan versi yang lebih rendah, misalnya 1.2.

Meskipun berhasil memasang Windows 11 lewat metode tersebut, Anda tidak akan mendapatkan update sistem maupun keamanan.

Namun apabila laptop atau PC Anda benar-benar tidak memenuhi spesifikasi di atas, Windows 10 akan tetap mendapatkan dukungan Microsoft hingga tahun 2025 mendatang.

Fitur dukungan aplikasi Android di Windows 11 tidak tersedia saat rilis

Windows 11 dipastikan rilis tanggal 5 Oktober mendatang, sayangnya tidak semua fitur akan rilis pada tanggal tersebut. Fitur dukungan aplikasi Android di Windows 11 tidak akan hadir pada tanggal tersebut. 

Preview aplikasi Android di Windows 11 akan tersedia lewat Windows Insider dalam beberapa bulan mendatang. Menurut The Verge, ini menunjukkan bahwa kemungkinan tidak akan diluncurkan ke semua pengguna Windows 11 hingga tahun 2022.

Bagaimana, apakah Anda sudah siap menyambut Windows 11? Jangan lupa cek dulu apakah laptop atau PC Anda telah memenuhi syarat atau belum.

Selanjutnya: Kapan maintenance Genshin Impact 2.1 selesai? Bonus primogem telah disiapkan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru