Windows 11 resmi meluncur hari ini di seluruh dunia! Berikut fitur dan spesifikasinya

Selasa, 05 Oktober 2021 | 10:05 WIB Sumber: PCMag
Windows 11 resmi meluncur hari ini di seluruh dunia! Berikut fitur dan spesifikasinya

ILUSTRASI. Windows 11 resmi meluncur hari ini di seluruh dunia! Berikut fitur dan spesifikasinya


WINDOWS 11 - Windows 11 resmi meluncur hari ini, Selasa (5/10/2021) di seluruh dunia! Apakah Anda ingin mencobanya? Yuk intip fitur baru dan spesifikasi yang dibutuhkan untuk beralih ke Windows 11.

Akhirnya setelah penantian sekian lama, Microsoft resmi meluncurkan Windows 11 mulai hari ini, Selaasa 5 Oktober 2021. Kali ini Anda tak perlu lagi menjajal Windows 11 versi Beta atau Insider Program, sebab ini merupakan versi final yang dirilis Microsoft.

Meskipun demikian, Windows 11 ini tidak akan langsung tersedia untuk laptop atau PC di seluruh dunia. Perilisan Windows 11 ini akan bertahap, di mana beberapa laptop atau PC yang telah memenuhi spesifikasi.

Mengutip dari PCMag, Microsoft menyediakan Windows 11 lewat update Windows. Ini dilakukan supaya Windows 11 dapat berjalan dengan baik sesuai spesifikasi yang dibutuhkan.

Jangan khawatir apabila notifikasi update Windows 11 belum muncul di laptop atau PC yang Anda gunakan. Microsoft telah berencana untuk menghadirkan Windows 11 untuk seluruh perangkat yang mendukung, baik laptop atau PC sampai dengan pertengahan 2022 mendatang.

Sembari menunggu update Windows 11 muncul di laptop atau PC Anda, mari kita simak beberapa fakta menarik seputar OS (Sistem Operasi) terbaru besutan Microsoft ini. Seperti fitur baru, hingga spesifikasi yang dibutuhkan untuk menjalankan Windows 11 ini.

ILUSTRASI: Windows 11

Baca Juga: Update! Kode redeem FF terbaru Oktober 2021, buruan klaim sekarang juga

Fitur baru Windows 11

Windows 11 hadir dengan beberapa pembaharuan yang meningkatkan pengalaman penggunanya ketika menggunakan Windows 10. Seperti yang kita ketahui, Windows 10 termasuk salah satu OS yang memberikan pengalaman terbaik meskipun update yang datangnya tiba-tiba kerap kali mengganggu.

Tampil berbeda dengan OS sebelumnya, Windows 11 hadir dengan tombol Start yang terletak di tengah. Sebagai tombol khas Windows, Start menu akan menampilkan deretan aplikasi dan beberapa menu lainnya.

Tidak hanya tombol Start saja yang letaknya berpindah, beberapa tampilan UI (User Interface) juga terlihat lebih fresh

Mendukung produktivitas dan tetap terhubung dengan rekan-rekan kerja, Windows 11 juga terintegrasi dengan Microsoft Teams. Aplikasi ini akan langsung terpasang saat pertama kali Anda menggunakan Windows 11.

Bila Anda termasuk salah satu orang yang terbiasa membuka banyak aplikasi, Windows 11 juga mempermudah Anda dengan hadirnya fitur Snap Layout. Lewat fitur ini, Anda dapat dengan mudah mengatur jendela aplikasi-aplikasi yang sedang Anda buka.

Selain itu, Windows 11 juga bakal memberikan pengalaman terbaik bila Anda hobi main game. Hadirnya DirectX 12 Ultimate akan meningkatkan pengalaman bermain game Anda di Windows 11 ini. Tentu saja, butuh spesifikasi hardware yang mendukung.

Selain itu, hadirnya Xbox (app) memudahkan Anda untuk bermain game bila berlangganan Xbox Game Pass.

Tidak lupa, Windows 11 juga akan mendukung aplikasi Android, loh. Anda dapat menemukan beberapa aplikasi Android di toko aplikasi dan memasangnya langsung tanpa harus menggunakan emulator Android tambahan.

Sayangnya, fitur untuk menjalanakan aplikasi Android di Windows 11 belum tersedia saat rilis.

Terlepas dari semua itu, Anda memerlukan spesifikasi laptop atau PC seperti berikut ini untuk menjalankan Windows 11.

Spesifikasi Windows 11

Untuk menjalankan Windows 11 dengan baik, berikut spesifikasi laptop atau PC yang dibutuhkan:

  • Processor: 1 gigahertz (GHz) atau lebih cepat dengan 2 atau lebih cores kompatibel dengan 64-bit prosesor atau System on a Chip (SoC)
  • RAM: 4 GB
  • Storage: 64 GB atau lebih besar
  • System firmware: UEFI
  • TPM: Trusted Platform Module (TPM) versi 2.0
  • VGA/GPU: Kompatibel dengan DirectX 12 atau yang lebih baru dengna driver WDDM 2.0
  • Display (layar): HD (720p) atau lebih besar dari 9 inch secara diagonal, 8 bit per color channel

Itulah spesifikasi yang dibutuhkan untuk menjalankan Windows 11 dengan baik. Perlu diperhatikan, spesifikasi di atas merupakan spek minimal, bila Anda menggunakan laptop atau PC dengan spek yang lebih tinggi akan lebih bagus lagi.

Selanjutnya: Inilah penyebab WhatsApp, Instagram, dan Facebook down berjam-jam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru