Wisata

Wisata menambah wawasan, intip isi Museum Geologi Bandung

Kamis, 02 Juli 2020 | 09:47 WIB   Penulis: Novianti Siswandini
Wisata menambah wawasan, intip isi Museum Geologi Bandung

ILUSTRASI. IMA kerjasama dengan Museum Geologi.

KONTAN.CO.ID - BANDUNG. Museum Geologi merupakan salah satu tujuan wisata edukasi favorit di Kota Bandung. Lantas, seperti apa isi museum yang terletak di Jalan Diponegoro Nomor 57 ini?

Museum Geologi terdiri dari empat ruang peragaan antara lain Ruang Geologi Indonesia, Ruang Sejarah Kehidupan, Ruang Sumberdaya Geologi dan Ruang Manfaat dan Bencana Geologi.

Di Ruang Geologi Indonesia, pengunjung bisa melihat peragaan asal mula bumi terbentuk, bagimana struktur dan pergerakannya serta melihat lebih dekat seperti apa geologi pulau-pulau yang ada di Indonesia.

Baca Juga: Liburan ke Bangkok, ini 5 aktivitas gratis yang asyik dilakukan

Di Ruang Sejarah Kehidupan, ada empat sudut peraga dan satu sudut dunia fosil. Empat sudut peraga ini mengedukasi pengunjung mengenai Pra Kambrium dan Paleozoikum, Mesozoikum dan Kenozoikum. Sedangkan, sudut dunia fosil ini membantu pengunjung memahami peragaan tersebut.

Dua rungan lagi berada di lantai 2. Satu diantaranya adalah Ruang Sumberdaya Geologi. Di sini, terdapat delapan sudut peragaan mengenai sumber daya geologi, mineral logam, mineral non logam, batu mulia, minyak dan gas bumi, batu bara, panas bumi dan sumber daya air.

Ruang yang terakhir adalah Ruang Manfaat dan Bencana Geologi. Pengunjung bisa mendapatkan informasi tentang pemanfaatan sumber daya geologi dari zaman ke zaman serta informasi tentang bencana geologi di sini.

Museum ini hanya mematok harga tiket senilai Rp2.000 untuk pelajar, Rp3.000 untuk umum dan Rp10.000 untuk wisatawan asing. Saat ini, Museum Geologi Bandung kerap menggelar program kunjungan virtual.

Selanjutnya: Harga tiket Museum Sonobudoyo murah, cocok untuk piknik saat liburan sekolah

 

Editor: Novianti Siswandini
Terbaru