Yuk cari tahu tentang copywriter, posisi yang makin sering dicari di lowongan kerja

Sabtu, 18 Juli 2020 | 08:01 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Yuk cari tahu tentang copywriter, posisi yang makin sering dicari di lowongan kerja


MENCARI KERJA - JAKARTA. Jika Anda perhatikan, di hampir setiap lowongan kerja selalu ada posisi copywriter di divisi marketing yang dicari perusahaan.

Bagi yang masih belum familiar, mungkin menganggap posisi ini hanya sekedar menulis ulang sesuatu, terlihat dari namanya pekerjaannya. Pada kenyataannya, seorang copywriter memiliki tugas yang lebih dari hanya sekedar menulis saja. 

Copywriting, menurut Google Dictionary, adalah sebuah kegiatan menulis untuk iklan. Sedangkan copywriter sendiri adalah orang yang melakukan kegiatan menulis iklan tersebut.

Menulis iklan yang efektif dan bisa mendatangkan pelanggan bukan hal yang mudah. Ada banyak faktor yang mempengaruhi kuat tidaknya iklan tersebut untuk mendatangkan keuntungan.

Jika Anda perhatikan, di setiap lowongan kerja copywriter pasti akan ada klasifikasi khusus yang dipersyaratkan bagi calon karyawan.

Seorang copywriter dituntut untuk bisa membuat kalimat-kalimat persuasif yang singkat, padat dan mengena ke target iklan tersebut. Mereka diharapkan bisa mendatangkan baik pengunjung pada website hingga target penjualan tertentu.

Berikut adalah tugas dari copywriter yang sering muncul di informasi lowongan kerja, dilansir dari Digital Marketer.

  • Copywriter dituntut untuk paham dengan beragam target pasar

Seorang copywriter diharuskan dapat menempatkan diri mereka diposisi pelanggan, tentang bagaimana reaksi pelanggan terhadap iklan hingga apa saja yang diharapkan ada dalam iklan. 

Meskipun copywriter berumur 25 tahun, perempuan, dan masih lajang, ada kalanya copywriter dituntut untuk membuat iklan barang/jasa dengan target konsumen berumur 50 tahun, laki-laki dan sudah berkeluarga.

Copywriter dituntut untuk paham dengan posisi target iklan, meskipun target tersebut jauh berbeda aspek dari diri mereka sendiri. 

Disinilah skill mengamati menjadi sangat penting dalam dunia copywriting. Jika copywriter sudah mengamati dan paham dengan target iklan mereka, selanjutnya mereka akan membuat iklan yang pas untuk target tersebut, sesuai dengan konteks barang/jasa yang akan diiklankan.

  • Berpikir kreatif menjadi kunci kesuksesan iklan

Mungkin Anda pernah melihat iklan-iklan yang unik, aneh, tetapi justru sering Anda ingat. Iklan-iklan ini adalah produk yang dibuat oleh copywriter.

Mereka diharuskan membuat kalimat-kalimat iklan yang unik, mudah diterima, dan sesuai dengan konteks baik target maupun value barang/jasa.

Bukan hal yang mudah untuk membuat kalimat yang singkat, namun gampang diingat oleh masyarakat. Maka dari itu di persyaratan lowongan kerja, copywriter harus memiliki pemikiran yang kreatif dan out of the box, agar bisa menghasilkan iklan-iklan yang unik dan clickbait.

  • Paham dengan berbagai media untuk tempat beriklan

Setiap media memiliki karakteristik yang berbeda juga. Bahasa periklanan di website, Facebook, dan YouTube tentunya berbeda. Copywriter diharuskan paham dengan karakteristik masing-masing media, agar mengena langsung dengan target pasar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Halaman   1 2 Tampilkan Semua
Editor: Tiyas Septiana
Terbaru