Yuk mengenal komponen-komponen dalam darah beserta fungsinya

Senin, 07 September 2020 | 07:43 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Yuk mengenal komponen-komponen dalam darah beserta fungsinya


EDUKASI -  Darah merupakan salah satu bagian penting dalam tubuh. Peran dari darah tidak bisa digantikan oleh organ-organ lainnya. 

Fungsi darah yang paling utama adalah sebagai "alat transportasi". Darah membawa oksigen dari paru-paru dan menyalurkannya ke seluruh tubuh. Bersumber dari Healthengine, darah juga mengangkut beragam nutrisi dan hormon. 

Residu atau zat yang tidak terpakai juga diangkut oleh darah. Zat-zat tersebut kemudian di saring oleh hati dan ginjal. 

Darah manusia memiliki beberapa komponen penting. Komposisi dari darah tersebut bisa dilihat melalui mikroskop karena berukuran sangat kecil. 

Melansir dari Hermatology.org, komponen atau komposisi darah manusia terdiri dari:

  • Plasma darah

Komponen darah ini berbentuk cairan bening. Plasma darah terbentuk dari campuran air, lemak, protein, dan berbagai nutrisi.

Fungsi plasma darah adalah menyalurkan sel darah keseluruh tubuh. Selain sel darah, plasma darah juga menyalurkan beragam nutrisi. 

  • Sel darah merah 

Sel darah merah atau eritrosit memiliki dua fungsi utama: Membawa oksigen ke seluruh tubuh dan membawa karbondioksida ke paru-paru. 

Sel darah merah memiliki bentuk bulat dan bercekung di tengahnya. Eritrosit mengandung protein yang biasa disebut hemoglobin. 

Baca Juga: Kisah hidup Kolonel Sanders, pendiri KFC yang sukses di usia senja

Hemoglobin (Hb) membuat sel darah merah berwarna merah. Hb berfungsi untuk membawa oksigen dan sebagian karbon dioksida. 

Sel darah merah diproduksi di sumsum tulang belakang. Komponen darah ini hanya berumur rata-rata 120 hari. 

Hematokrit merupakan ukuran dari level sel darah merah pada darah. Ukuran ini merupakan persentase keseluruhan volume darah yang terbentuk  dari sel darah merah. 

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru