Hujan rekor MURI di Festival Cap Go Meh 2018

Kamis, 01 Maret 2018 | 10:48 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Hujan rekor MURI di Festival Cap Go Meh 2018

Festival Cap Go Meh di Singkawang


IMLEK - JAKARTA. Festival Cap Go Meh 2018 Singkawang, Kalimantan Barat meraih empat rekor MURI sekaligus. Rekor ini adalah replika naga terbanyak, gerbang Cap Go Meh terbesar, Tatung terbanyak, dan Lampion terbanyak. Event spektakuler ini digelar dari tanggal 15 Februari hingga 2 Maret 2018 dengan berbagai rentetan acara.

"Festival Cap Go Meh tahun ini sangat luar biasa. Kami berhasil meraih 4 rekor MURI sekaligus. Rekor ini menjadi bukti kreativitas masyarakat Singkawang,” ungkap Walikota Singkawang Tjhai Chui Mie dalam keterangan yang diterima Kontan.co.id, Kamis (1/3).

Rekor replika naga terbanyak diberikan karena festival ini diikuti 9 naga warna warni. Sementara rekor MURI pendirian gerbang Cap Go Meh terbesar menjadi prestasi berikutnya. Gerbang ini memiliki tinggi 6 meter dan lebarnya 16,2 meter.

Ada juga rekor baru yang dipecahkan dengan pemasangan jumlah lampion terbanyak. Ada sekitar 20.607 lampion yang dipasang saat festival tahun ini. Jumlah itu pun melampaui rekor MURI 10.895 buah pada tahun 2009. Diikuti sedikitnya 1.038 Tatung, jumlah ini juga merevisi rekor MURI 2011. Saat itu, festival ini hanya menampilkan 777 orang Tatung.

“Kami harap dengan capaian banyak rekor MURI tahun ini membuat perayaan semakin meriah, dan tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan," ujar Tjhai Chui Mie.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru