4 Trik jitu menjawab pertanyaan wawancara kerja: Berapa gaji yang Anda harapkan?

Selasa, 29 September 2020 | 12:56 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
4 Trik jitu menjawab pertanyaan wawancara kerja: Berapa gaji yang Anda harapkan?

ILUSTRASI. 4 Trik jitu menjawab pertanyaan wawancara kerja: Berapa gaji yang Anda harapkan?


MENCARI KERJA - Banyak pertanyaan menjebak yang muncul saat wawancara kerja. Jika tidak berhati-hati, Anda bisa terkecoh saat menjawabnya. 

Salah satunya adalah pertanyaan: berapa gaji yang Anda harapkan. Sebagian dari kandidat pasti merasakan dilema saat akan menjawab pertanyaan ini. 

Di satu sisi ingin gaji besar, tapi di sisi lain tidak ingin terlihat serakah. Dikutip dari The Balance Career, pertanyaan ini bertujuan melihat, seberapa jauh Anda menilai kemampuan dan diri Anda. 

Perusahaan juga ingin melihat, apakah ekspektasi gaji Anda sesuai dengan kemampuan perusahaan. Pertanyaan ini cukup dilematis, mengingat bersinggungan dengan uang. 

Baca Juga: 5 Pertanyaan ini sering muncul saat interview kerja, yuk cari tahu apa saja

gaji yang anda harapkan

Anda perlu trik-trik agar jawaban Anda tepat. Apa saja yang perlu dilakukan? 

Berikut trik menjawab pertanyaan tentang gaji yang bisa Anca coba, yang KONTAN.co.id rangkum dari The Muse dan The Balance Career:

  • Berikan range gaji

Saat mendapat pertanyaan tersebut, Anda tidak perlu menjawab secara perinci gaji yang diinginkan. Cukup berikan range gaji yang Anda harapkan, dari yang terkecil hingga terbesar. 

Sebelum interview, ada baiknya Anda mencari informasi tentang gaji posisi yang dilamar. Dari informasi tersebut, Anda bisa menghitung berapa besar gaji yang diinginkan. 

Baca Juga: 5 Tips cara menjawab kelemahan dan kelebihan saat interview kerja, cukup mudah lo!

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru