HOME | Wisata |

INDUSTRI PARIWISATA

Genjot wisata, ada Pasar Pancingan di Lombok

oleh : Jane Aprilyani | Senin, 13 November 2017 | 11:08 WIB

Genjot wisata, ada Pasar Pancingan di Lombok

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Komunitas Generasi Pesona Indonesia (GenPI) yang dibentuk oleh Kementerian Pariwisata (Kempar) terus berkembang ke berbagai daerah. GenPI merupakan hasil dari program promosi wisata go digital yang tengah gencar dilakukan oleh Kempar sebagai salah satu strategi pemasaran pariwisata Indonesia.

 Anggota GenPi terdiri atas anak-anak (berjiwa) muda yang selama ini aktif melakukan promosi pariwisata melalui media sosial seperti blog, Facebook, Twitter, Instagram, Path, dan lain lain. Setelah membentuk Pasar Karetan yang didesain anak-anak muda GenPI di Jawa Tengah (Jateng), kini giliran di Mataram, Lombok, NTB.

“Namanya Pasar Pancingan. Pasar ini berkaitan dengan pemancingan, kolam dan ikan yang menjadi salah satu daya tarik atraksinya,” kata Jhe Ipul Ketua GenPI Lombok, Sumbawa.

Dia menjanjikan Pasar Pancingan ini akan Instagramable (banyak titik untuk berfoto yang cocok diunggah di Instagram),  banyak titik untuk selfie, akan banyak macam kuliner dan juga edukasi,” jelas Jhe.

Rencananya acara ini akan digelar akhir November 2017. Acara ini agak berkolaborasi dengan komunitas, masyarakat, serta Pemerintah Desa Wisata Bilebante, Lombok.

Pasar tiap Minggu seperti ini juga akan dibuat Tepian Sungai Musi, di Bantul Jogjakarta, Aceh, Bandung, Padang, dan banyak destinasi lain untuk mendukung pariwisata. 

GenPI NTB adalah komunitas Generasi Pesona Indonesia pertama yang dulu dibentuk untuk mempopularkan Wisata Halal atau Family Tourism di NTB. Sampai-sampai selama dua tahun Lombok memborong banyak penghargaan dari World Halal Tourism Awards.