Grojogan Watu Purbo Yogyakarta, air terjun yang punya enam tingkatan

Minggu, 06 Desember 2020 | 06:15 WIB   Penulis: Novianti Siswandini
Grojogan Watu Purbo Yogyakarta, air terjun yang punya enam tingkatan


WISATA YOGYAKARTA - Grojogan Watu Purbo merupakan air terjun enam tingkat yang lagi populer di Yogyakarta. Berlokasi di Desa Merdikorejo, Kecamatan Tempel, Sleman, D.I. Yogyakarta, Grojogan Watu Purbo sudah ada sejak tahun 1975 lalu.

Akan tetapi, dulunya air terjun ini hanya berfungsi sebagai sistem pengaturan aliran lahar jika suatu saat Gunung Merapi meletus. Kini, foto-foto Grojogan Watu Purbo ramai diunggah di media sosial. Tempatnya yang indah membuat warga net ingin mengunjungi dan mengambil latar foto di Grojogan Watu Purbo.

Banyaknya warga yang datang ke sini menjadikan Grojogan Watu Purbo sebagai tempat wisata teranyar dengan beragam fasilitas seperti tempat parkir, toilet dan amenitas lainnya untuk menunjang kenyamanan pengunjung. Kelompok Sadar Wisata di sekitaran air terjun ini pun terus menggal potensi tempat ini agar disambut oleh wisatawan.

Grojogan Watu Purbo

Baca Juga: Gardu Pandang Lereng Kelir, rekomendasi tempat wisata alam di Semarang

Seperti namanya, Watu Purbo memiliki arti batu purba dalam bahasa Jawa. Batu-batuan besar di sekitar air terjun ini tidak diketahui dari mana. Tapi jika dilihat dari bentuknya yang besar, warga sekitar yakin jika batu-bantuan besar itu sudah ada sejak lama.

Perpaduan batu-batuan besar dan air terjun yang alirannya tidak terlalu deras membuat Grojogan Watu Purbo nampak indah dan instagramable. Tidak sedikit pengunjung yang datang ke sini di saat-saat yang tepat seperti pagi hari saat langit sedang cerah.

Pengunjung yang ingin melihat keindahan Grojogan Watu Purbo harus melakukan reservasi online melalui aplikasi Visiting Jogja terlebih dahulu agar bisa melancak siapa saja yang datang ke area ini di masa pandemi Covid-19.

Selanjutnya: Seru! Wisatawan bisa mengunjungi rumah Jawa primitif di Omah Pang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Novianti Siswandini

Terbaru