Jember Fashion Carnaval 2018 berjalan sukses

Minggu, 12 Agustus 2018 | 22:11 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Jember Fashion Carnaval 2018 berjalan sukses

ILUSTRASI. JEMBER FASHION CARNAVAL KE-16


WISATA - JAKARTA. Pelaksanaan Jember Fashion Carnaval 2018 yang berlangsung pada tanggal 07-12 Agustus 2018 telah sukses memukau para penonton dengan sajian karnaval sepanjang 3,6 km dari 2500 peserta dengan tema “ASIA LIGHT” Cahaya Asia Inspirasi Asian Games 2018.

“JFC tahun ini lebih bagus, keren. Temanya Asian Games, sejalan dengan tema Asian Games 2018, Energy of Asia. Ini trik yang bagus untuk meningkatkan wisman (wisatawan mancanegara) apabila banyak ditampilkan delegasi dari luar Indonesia,” kata Menpar Arief Yahya, dalam keterangan yang diterima Kontan.co.id, Minggu (12/08).

JFC bisa dibilang merupakan trendsetter fashion carnaval di Indonesia. Selain sebagai karnaval terbaik di Indonesia, JFC kini menempati posisi ke-4 sebagai karnaval terunik dunia setelah karnaval Mardi Grass di Amerika, Rio De Janeiro Brazil, dan The Fastnacht Jerman.

"JFC menjadi _trending topic_ nasional. Hashtag #WonderfulJFC2018 serta hastag #PesonaJemberFashionCarnavaI menjadi urutan 1 dan 2 _trending topic_, mengalahkan _hashtag_ pilpres. JFC telah menjadi standar bagi berbagai karnaval di Indonesia. Selamat kepada Jember yang terpilih sebagai Kota Karnaval Terbaik Nasional 2017," kata Menpar Arief Yahya.

JFC 2018 kali ini menargetkan 3000 wisman dan 5000 wisnus. Menurut Menpar Arief Yahya kesuksesan JFC hingga kini telah banyak mendorong perkembangan pariwisata Jember.

"Ini bisa dilihat dengan penuhnya semua hotel yang ada di Jember saat perhelatan JFC. Bukan saja sektor perhotelan, tapi juga kuliner, souvenir, transportasi. Imbasnya peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari pariwisata," kata Arief Yahya.

Dengan tema “ASIA LIGHT” Cahaya Asia Inspirasi Asian Games 2018, 10 Defile yang merepresentasikan negara-negara Asia: Bian Lian (China), Babilonia Empire (Iraq), India, Kujang (Indonesia), Ottoman Empire (Turki), Saudi Arabia, Silla (Korea), Star, Thailand, dan Shogun (Jepang).

Karnaval yang pada tahun 2018 ini diikuti 2500 peserta ini meliputi JFC International Exhibition, Pets Carnival, JFC International Conference, JFC Kids Carnival, JFC Rhythm Artwear Carnival, Wonderful Archipelago Carnival Indonesia (Waci), dan JFC Grand Carnival.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru