Lihat bunga bangkai mekar sempurna di Bekasi

Kamis, 26 Mei 2016 | 13:05 WIB   Reporter: Dian Sari Pertiwi
Lihat bunga bangkai mekar sempurna di Bekasi


BEKASI. Tak perlu jauh terbang ke pulau Sumatera untuk melihat bunga bangkai raksasa berjenis Amorphophallus Titanum mekar sempurna.

Tanaman tersebut bisa dilihat di Rumah Perubahan, Bekasi, Jawa Barat. Sejak 10 tahun lalu, lembaga yang didirikan oleh Prof. Rhenald Kasali ini aktif melakukan konservasi tanaman langka.

Pengelola Rumah Perubahan, Dinar Wulandari memprediksi, bunga bangkai tersebut akan mekar secara sempurna pada awal bulan Juni mendatang.

Ini merupakan bunga ketiga yang berhasil mekar dari delapan bibit bunga bangkai yang sudah menjadi tunas. Meski belum mekar sempurna, tinggi tanaman endemik Pulau Sumatera ini sudah mencapai 170 cm.

"Bunga bangkai ini akan mekar antara 8 sampai 48 jam saja," terang Dinar kepada KONTAN, KamisĀ (26/5).

Meski diprediksi mekar di awal bulan depan, Dinar bilang pengunjung bisa datang mulai akhir minggu ini. Setiap pengunjung yang ingin menyaksikan bunga bangkai ini dikenai biaya Rp 50.000 per orang sebagai biaya konservasi. Namun, biaya ini tak berlaku bagi anak di bawah usia 6 tahun.

Sebelumnya, bunga bangkai berjenis Titanum berhasil mekar pada bulan Februari lalu, dan jenis Gigas mekar pada bulan April lalu. Saat ini, Rumah Perubahan memelihara sedikitnya empat jenis bunga bangkai. Selain jenis Titanum dan Gigas, ada pula jenis Murelis dan Variabilis.

Jika Anda tertarik, Rumah Perubahan yang terletak di daerah Jati Murni, Pondok Melati, Bekasi ini beroperasi mulai jam 9 pagi sampai jam 4 sore.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru