HOME| Kedai|

RESTAURANT & ASINAN NY. YENNY DI BOGOR

Rasa jujur ayam jahe dan udang segobang

oleh : Surtan PH Siahaan | Selasa, 30 Desember 2014 | 17:18 WIB
0 Komentar
Salin Tulisan
Rasa jujur ayam jahe dan udang segobang

BOGOR. Di zaman modern yang serba siap saji, mencari kuliner dengan rasa jujur dan olahan seperti di rumah Anda memang gampang-gampang susah. Atas nama kepraktisan, orang terbiasa menyantap makanan instan. Nah, cita rasa masakan yang mengingatkan pada masakan rumah, salah satunya, bisa Anda dapatkan di Restaurant & Asinan Ny. Yenny.

Tak hanya itu, di kedai yang terletak di Jalan Bina Marga Nomor 1, Bogor, ini, Anda bakal menemukan segudang makanan lezat, mulai dari masakan khas Tionghoa peranakan hingga kuliner asli Indonesia. Kedai yang berdiri 1980 ini punya tiga masakan andalan: udang segobang, ayam rebus jahe dan bawang, serta tumis daun raja. Buat yang baru pertama kali ke sini, sayang melewatkan ketiga menu itu. Dan, enggak susah, kok, menemukan kedai milik Yenny ini.

Jika Anda datang dari Jakarta via tol Jagorawi, silakan keluar di pintu tol Bogor. Ketemu pertigaan, belokkan kendaraan Anda ke kiri. Tidak sampai 10 meter, belok kiri lagi dan Anda masuk Jalan Bina Marga. Lokasi kedai hanya berjarak sepelemparan batu dari mulut jalan tersebut, dan posisinya ada di sisi kanan jalan.

Daya tampung kedai ini luas. Terdapat banyak meja dengan berbagai ukuran. Jika Anda datang rombongan, ada meja bundar besar dengan kapasitas 10 orang. Secara keseluruhan, daya tampung kedai itu mencapai 100 pengunjung. Karena semua makanan baru diolah saat dipesan, Anda harus lebih bersabar.

Untuk tiga sajian utama kedai ini, Anda harus menunggu selama 15 menit-20 menit sebelum semua pesanan mendarat di atas meja. Cuma, kesabaran Anda menanti ditebus dengan sepadan.

Dimulai dari tampilan ayam rebus jahe dan bawang yang menggiurkan. Setengah ekor ayam kampung tanpa tulang dada tersaji di sebuah piring lebar. Ayam berwarna putih matang tergolek dengan kuah tipis di dasar piring. Sebagai topping, taburan ada bawang dan jahe yang digoreng kering.

Tampilan udang segobang juga tidak kalah cantik. Kelirnya kuning kecokelatan di bagian kulit dan putih kemerahan pada isinya. Bentuknya dibuat bulat seperti uang gobang. Sekilas, sajian ini mirip lumpia udang namun dibentuk seperti rollade kemudian digoreng garing.

Bersama udang, terdapat cocolan saus kecap berwarna merah kecokelatan nan kental. Meja makan pun langsung kelihatan segar, dengan kehadiran sepiring tumis daun raja yang hijau.

Juru masak kedai ini pun sengaja menyisakan kuah tumis di dasar piring. Tentu, masakan racikan Yenny bukan cuma menang di tampang. Bila mencicipi udang segobang,

Anda bisa merasakan kepadatan olahan udang yang dicincang halus lalu dibungkus dengan telur dadar. Isinya benar-benar tebal montok.

Begitu coba sepotong, mulut Anda akan menemukan rasa gurih dan garing pada bagian telur dadar. Walhasil, di bagian permukaan saja, rasa udang segobang sudah enak. Mentega dan bumbu yang dikocok bersama telur sangat terasa.

Selanjutnya, tekstur empuk dan manis berasa begitu sampai pada bagian dalam. Yang paling istimewa, tentu aroma harum dari udang cincang yang tergoreng dengan matang dan merata. Teksturnya tetap juicy, meski digoreng kering.

Puas menikmati udang segobang yang polos, berikutnya cocol satu potong ke saus kecap. Saus kental ini terasa manis hingga cocok dengan rasa udang Setelah menandaskan seporsi udang segobang, jangan biarkan mulut Anda menunggu, langsung sergap ayam rebus jahe dan kacang. Iris dengan sendok dan Anda akan tahu bahwa dagingnya betul-betul empuk. Begitu disantap, terasa tekstur dagingnya nyaman dikunyah lantaran tidak lembek.

Rasa ayamnya pun gurih, dengan sedikit sensasi getir yang timbul dari bumbu jahe. Topping crispy yang ditabur di sekujur ayam pun membuat sensasi makin beragam. Buat penyuka pedas, jangan lewatkan potongan cabai rawit yang disiram dengan kecap asin.

Rasa pedas bercampur asin yang timbul kian memompa semangat Anda menyantap ayam rebus jahe dan kacang. Di tengah keseruan makan, coba selipkan tumis daun raja pada sendok Anda. Rasa sayur yang satu ini memang istimewa. Manis dan segar. Kedai ini menyajikannya dengan apik.

Meski matang, tekstur renyah dan segarnya tetap terjaga, lo. Dewi Swarna, pelanggan kedai ini asal Jakarta, mengatakan, dirinya selalu mampir ke Restaurant & Asinan Ny. Yenny kalau sedang ke Bogor. “Udang segobang yang paling enak,” ujar manajer di ERA Real Estate ini.Menurut Yenny, semua ma sakan yang disajikan di kedainya merupakan resep pribadi.

Alhasil, rasanya pun otentik. Sayang, perempuan 62 tahun asli Bogor ini enggan membagi resepnya. Dia bilang, hanya berusaha jujur dengan makanannya. Karena itu, masakannya tidak pernah menggunakan pengawet dan perasa.

Yenny berkisah, pernah, suatu kali ada penjual obat makanan yang menawarkan obat untuk membuat udang gorengnya makin kering dan renyah. Tapi, tawaran itu ia tolak lantaran obat membuat aroma udang yang harum menjadi hilang. “Banyak bahan yang tidak saya beli, bahkan untuk gula saya buat sendiri,” kata dia yang masih mengurus manajemen kedainya sehari-hari.

Sedang urusan quality control diserahkan kepada sang suami. Untuk mengudap makanan-makanan enak kedai ini, Anda memang harus merogoh kocek agak dalam. Seporsi ayam rebus jahe dan kacang dibanderol Rp 70.000.

Lalu, harga udang segobang Rp 60.000 per porsi. Untuk satu porsi tumis daun raja, cukup tambah Rp 30.000. Sedangkan sepiring nasi putih dihargai Rp 7.000. Untuk pelepas dahaga, ada dua minuman yang mesti Anda jajal: es shanghai dan es tape kelapa. harganya sama, kok, Rp 20.000 per gelas.

Catat, Restaurant & Asinan Ny. Yenny punya dua jam operasional. Senin hanya buka dari jam sembilan pagi dan sampai pukul tiga sore. Sedang Selasa–Minggu beroperasi sejak jam sembilan pagi hingga setengah sembilan malam.

Restaurant & Asinan Ny. Yenny Jl. Bina Marga No. 1, Bogor
Telp. 0251-312573
Koordinat GPS:S6060.4356’ - E106080.7981’



0 Komentar
Salin Tulisan