Komunitas & Hobi

3 Cara merawat anak kucing agar tumbuh sehat dan bahagia

Rabu, 23 September 2020 | 10:48 WIB   Reporter: Belladina Biananda
3 Cara merawat anak kucing agar tumbuh sehat dan bahagia

ILUSTRASI. Salah satu cara merawat anak kucing adalah dengan melatihnya bersosialisasi.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Anak kucing perlu dipelihara sedemikian rupa agar bisa tumbuh jadi kucing dewasa yang sehat dan bahagia. Cara merawat kucing berikut perlu Anda pahami terlebih dahulu agar hewan peliharaan bisa terurus dengan maksimal.

Jangan Samakan dengan Kucing Dewasa

Anak kucing yang berusia kurang dari delapan minggu perlu berada di dekat induknya. Hal itu disebabkan karena anak kucing belum bisa mengatur suhu tubuhnya sendiri. Selain itu, kemampuan penglihatan dan koordinasi alat geraknya belum maksimal.

Jika anak kucing yang Anda pelihara tidak memiliki induk, Pet Finder mengatakan bahwa Anda perlu melakukan perawatan ekstra. Usahakan untuk memberi susu setiap dua jam sekali. Anda juga perlu membantu anak kucing untuk buang air.

Setelah melewati usia delapan minggu, pakan kucing bisa mulai diberikan. Jika Anda masih bingung dalam memilih pakan kucing, Anda bisa berkonsultasi pada dokter hewan terlebih dahulu.

Pada usia ini, anak kucing menjadi lebih lincah. Saat tak bisa menemani, Anda perlu membatasi ruang bermain anak kucing untuk menjaga keamanan.

Baca Juga: 4 Cara merawat kucing Anggora agar kesehatannya terjaga

Latih Bersosialisasi

Cara merawat anak kucing bisa Anda lakukan dengan melatihnya bersosialisasi.

Cara merawat anak kucing selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan melatihnya bersosialisasi dengan berbagai jenis lingkungan. Pet Finder mengatakan, latihan dan cara bersosialisai yang diajarkan pada anak kucing akan memengaruhi kondisinya saat dewasa.

Anak kucing perlu belajar bagaimana bersosialisasi dengan kucing lain, bertemu dengan banyak orang, mendengarkan suara yang nyaring, dan lain sebagainya. Namun, pastikan latihan bersosialisasi yang Anda berikan pada anak kucing tak membuatnya trauma, ya.

Ada banyak sekali kegiatan yang bisa Anda lakukan. Mulai dari Mendengarkan musik dengan volume tinggi, bermain bersama kucing lain, bermain menggunakan alat-alat yang membuatnya penasaran, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Bukan pemalas, ternyata ini alasan kucing suka tidur sepanjang hari

Jaga Kesehatan

Menjaga kesehatan adalah cara merawat anak kucing yang penting untuk dilakukan. Usahakan untuk membuat jadwal pemeriksaan ke dokter hewan dalam satu minggu setelah anak kucing dilahirkan. Pemeriksaan awal mempermudah dokter hewan mendeteksi kondisi kesehatan anak kucing.

Jika dokter hewan menemukan adanya infeksi parasit atau penyakit lain yang diderita anak kucing, Anda bisa melakukan pengobatan lebih cepat. Selain itu, Pet Finder mengingatkan agar Anda tak lupa memberikan vaksin, seperti leukimia dan rabies kucing.

Selanjutnya: 5 Cara merawat Kucing Persia yang perlu dilakukan

Editor: Belladina Biananda


Terbaru