4 Cara belajar bahasa Inggris yang super menyenangkan dan tidak membosankan

Jumat, 21 Agustus 2020 | 15:33 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
4 Cara belajar bahasa Inggris yang super menyenangkan dan tidak membosankan

ILUSTRASI. 4 Cara belajar bahasa Inggris yang super menyenangkan dan tidak membosankan. KONTAN/Baihaki/3/11/2016


EDUKASI -  Banyak pelajar yang merasa kesusahan saat belajar bahasa Inggris. Mereka hanya belum menemukan cara belajar bahasa Inggris yang tepat.

Baca Juga: 5 Jurusan kuliah yang bisa membuat Anda lebih cinta Indonesia

Bahasa Inggris cukup mudah dipelajari jika menggunakan metode yang tepat. Berikut cara belajar bahasa Inggris yang super menyenangkan.

  • Mendengarkan lagu berbahasa Inggris

Lagu berbahasa Inggris bisa membantu Anda dalam belajar bahasa Inggris. Dengan mendengarkan lagu, Anda akan terbiasa dengan 

Saat mendengarkan lagu, cobalah menulis kata-kata yang Anda dengar. Hal ini bisa membantu melatih kemampuan listening

Setelah menulis semua lirik lagu, cocokkan dengan lirik yang asli. Lihat apakah Anda sudah menangkap kosa kata dengan benar.

Mendengarkan lagu juga bisa menambah kosa kata bahasa Inggris. Dari lirik lagu tersebut, cobalah untuk menerjemahkannya. Dengan cara ini secara tidak langsung kosa kata Anda bertambah. 

Agar tidak cepat lupa, tuliskan kosakata tersebut di sebuah buku. Buku berisi vocabulary tersebut bisa menjadi kamus pribadi Anda. 

Setiap kali ada kata baru, tuliskan pada buku beserta artinya. Akan lebih baik jika ditambah dengan contoh kalimatnya. 

  • Menonton film barat

Selain mendengarkan lagu, skill listening bisa dilatih dengan menonton film. Tontonlah film barat yang Anda senangi. Pertama-tama gunakan subtitle agar lebih mudah memahami jalan cerita film. 

Sebisa mungkin hindari menggunakan subtitle berbahasa Indonesia. Menggunakan subtitle bahasa Inggris bisa melatih cara pengucapan suatu vocabulary.

Saat subtitle muncul, Anda bisa mencocokkan cara pengucapan dengan kata tersebut. Jika ada kata yang sulit, cari artinya dan tulis di buku catatan. 

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru