Edukasi

5 Jurusan kuliah yang bisa membuat Anda lebih cinta Indonesia

Jumat, 21 Agustus 2020 | 13:39 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
5 Jurusan kuliah yang bisa membuat Anda lebih cinta Indonesia

ILUSTRASI. Sejumlah jurusan kuliah bisa membuat Anda lebih cinta Indonesia.


KONTAN.CO.ID - Selain jurusan kuliah yang mainstream, beberapa universitas menyediakan jurusan kuliah yang bisa menambah kecintaan Anda terhadap negara tercinta Indonesia. 

Jurusan kuliah tersebut menyediakan mata kuliah yang berkaitan dengan Indonesia. Tidak hanya dari segi bahasa, mata kuliah tersebut juga berkaitan dengan budaya dan sejarah bangsa.

Apa saja jurusan kuliah tersebut? Berikut jurusan-jurusan kuliah dengan fokus mata kuliah pada keberagaman Indonesia:  

  • Jurusan seni pedalangan

Jurusan ini fokus pada pembelajaran seni pewayangan dan pedalangan. Anda akan belajar mengenai cara mendalang yang baik serta tekniknya. Anda juga belajar tentang cerita-cerita pewayangan yang biasa dipentaskan. 

Baca Juga: 7 Jurusan kuliah yang banyak dicari perusahaan, apa saja?

Jurusan kuliah ini tersedia di beberapa universitas. Institut Seni Indonesia (ISI) Solo, ISI Yogyakarta, dan ISI Denpasar memiliki jurusan seni pedalangan.

  • Jurusan sastra daerah dan sastra Indonesia

Budaya Indonesia tidak lepas dari bahasa daerah yang beragam. Jurusan sastra daerah bisa jadi pilihan jika ingin mengenal budaya bangsa.

Ada banyak pilihan jurusan bahasa daerah yang tersebar di beberapa universitas. Sastra Jawa, sastra Bali, sastra Sunda, dan sastra Bugis adalah sebagian contoh jurusan sastra daerah. 

Universitas yang menyediakan jurusan tersebut di antaranya: Universitas Sebelas Maret, Universitas Indonesia, Universitas Udayana, dan Universitas Hasanuddin.

Baca Juga: 4 Tips agar sukses mendapat kerja yang tidak sesuai jurusan kuliah

Editor: Tiyas Septiana


Terbaru