4 Cara mengatasi kelelahan kerja, tidak perlu sampai mengundurkan diri

Senin, 24 Agustus 2020 | 15:40 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
4 Cara mengatasi kelelahan kerja, tidak perlu sampai mengundurkan diri

ILUSTRASI. 4 Cara mengatasi kelelahan kerja, tidak perlu sampai mengundurkan diri. Foto: DOK Shutterstock


EDUKASI -  Kelelahan kerja atau work burnout sering menjadi penghambat utama produktivitas kerja. Tidak jarang, pekerja memilih jalan pintas dengan resign alias mengundurkan diri karena hal ini. 

Kelelahan kerja merupakan hal yang wajar dialami para pekerja. Itu tanda tubuh membutuhkan istirahat. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kelelahan kerja.

Bersumber dari HBR, lingkungan kerja hingga pesangon bisa menjadi pemicu kelelahan kerja. Ada macam-macam kelelahan kerja, di antaranya kelelahan fisik hingga kelelahan mental.

Jika tidak segera diatasi, kelelahan kerja bisa membuat pekerja stres. Banyak pekerja yang kemudian memilih mengundurkan diri karena tidak tahu cara mengatasi kelelahan kerja.

Baca Juga: Lowongan kerja 2020 besar-besaran Pura Group, buka di banyak posisi

Jika Anda menghadapi hal yang sama, jangan langsung mengajukan surat resign. Anda bisa mengatasi kelelahan kerja dengan beberapa cara berikut.

Mengutip Inc. dan The Balance Career, berikut cara mengatasi kelelahan kerja:

  • Melakukan meditasi

Salah satu cara agar level stres bisa berkurang adalah dengan bermeditasi. Sempatkan untuk bermeditasi 10 hingga 15 menit sebelum berangkat kerja. 

Meditasi dipercaya bisa meredakan gejala depresi dan anxiety. Cara mengatasi kelelahan kerja ini juga meningkatkan kerja otak. Otak akan lebih fresh dan bisa fokus lebih lama. 

Baca Juga: Bingung membuat CV yang menarik? Coba buat di 4 website penyedia template CV ini

  • Tumpahkan segala keluh kesah pada orang terpercaya

Mencurahkan hari alias curhat menjadi cara mengatasi kelelahan kerja yang paling mudah. Dengan mengeluarkan segala beban melalui curhat, Anda bisa lebih lega.

Anda bisa bercerita dengan pasangan, keluarga atau sahabat. Pilih partner curhat yang bisa memberikan solusi yang baik. Salah memilih tempat curhat justru akan menambah stres Anda. 

Sebelum curhat, Anda mungkin bisa request terlebih dahulu. Apakah Anda ingin didengarkan saja atau sekaligus meminta solusi.

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru