5 Skill yang dibutuhkan di dunia kerja sekarang, fresh graduate wajib tahu

Jumat, 21 Agustus 2020 | 15:49 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
5 Skill yang dibutuhkan di dunia kerja sekarang, fresh graduate wajib tahu

ILUSTRASI. 5 Skill yang dibutuhkan di dunia kerja sekarang, fresh graduate wajib tahu


MENCARI KERJA -  Banyaknya jumlah pencari kerja, berimbas pada kesempatan mendapat pekerjaan yang semakin berkurang. Agar bisa bersaing, Anda perlu membekali diri dengan skill yang dibutuhkan di dunia kerja.

Sering lulusan baru atau fresh graduate kesulitan mendapatkan pekerjaan. Kebanyakan dari mereka menunggu berbulan-bulan untuk mendapatkan pekerjaan. 

Baca Juga: Lowongan kerja PT Fastrata Buana, anak perusahaan Kapal Api, buka banyak posisi

Ada banyak faktor yang membuat lulusan baru sulit mendapat pekerjaan. Mulai dari segi pembuatan CV hingga kemampuan yang belum mumpuni. Tahukah Anda kemampuan yang dibutuhkan di dunia kerja bukan selalu hard skill?

Semua perusahaan sekarang mencari kandidat dengan soft skill yang mumpuni selain hard skill. Soft skill dibutuhkan agar suatu perusahaan tetap mampu berjalan dengan baik.

Sama seperti hard skill, soft skill harus dipelajari dan diasah. Untuk mengembangkannya tersebut, Anda bisa ikut pelatihan baik online maupun di seminar. Bersumber dari World Economic Forum, berikut adalah kemampuan yang dibutuhkan di dunia kerja sekarang.

  • Kemampuan untuk berkoordinasi dengan orang lain

Skill yang dibutuhkan di dunia kerja yang pertama adalah mampu berkoordinasi dengan baik. Mungkin terdengar sepele, tapi tidak semua mampu untuk melakukannya.

Manusia terkadang memiliki ego yang cukup tinggi, terlebih jika berkaitan dengan pekerjaan. Tidak jarang pekerja segan atau gengsi untuk bekerjasama dengan sesama pegawai. 

Mampu berkoordinasi dengan orang lain dibutuhkan agar target bisa tercapai. Masalah yang dihadapi bersama juga bisa lebih cepat terselesaikan. Hal ini tentunya menguntungkan bagi berbagai pihak.

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru