Butuh tambahan uang? Coba 5 pekerjaan part-time ini untuk mahasiswa

Rabu, 29 Juli 2020 | 13:40 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Butuh tambahan uang? Coba 5 pekerjaan part-time ini untuk mahasiswa

ILUSTRASI.


Mencari kerja -  Kekurangan uang atau kiriman bulanan yang telat sering mahasiswa alami. Padahal, ada banyak kebutuhan yang harus mereka penuhi. Solusinya, bisa dengan mencari pekerjaan part-time untuk mahasiswa.

Ada banyak tawaran pekerjaan part-time, tetapi yang pas dengan mahasiswa tidak begitu banyak. Pekerjaan sambilan tersebut tentu tidak boleh mengganggu perkuliahan. Jadi, ada beberapa faktor yang membuat mahasiswa harus cermat dalam mencari pekerjaan part-time.

Berikut 5 pekerjaan part-time untuk mahasiswa yang bisa jadi pilihan:

  • Manfaatkan kemampuan berbahasa asing dengan menjadi penerjemah

Penerjemah adalah salah satu pilihan pekerjaan part-time untuk mahasiswa yang cukup populer. Keterbatasan SDM yang menguasai bahasa asing, menjadikan profesi ini cukup menjanjikan. Terlebih, jika Anda mahasiswa dengan kemampuan bahasa asing yang mumpuni.

Baca Juga: Hati-hati sering terjebak, Ini jurus jitu sukses menghadapi wawancara kerja

Sudah banyak mahasiswa yang fasih setidaknya satu bahasa asing. Umumnya, bahasa Inggris yang sering mahasiswa kuasai. Bahasa lain, seperti Mandarin, Jepang, dan Korea, juga semakin banyak penuturnya.

Anda bisa membuka jasa penerjemahan dokumen, seperti akta kelahiran dan tesis. Atau, bisa mendaftar ke penerbit sebagai penerjemah komik atau novel.

Jika Anda lebih suka berinteraksi dengan banyak orang, guide atau interpreter bisa jadi pilihan. Menjadi guide atau interpreter membutuhkan skill speaking yang baik dan juga harus ramah. Jika beruntung, Anda bisa mendapatkan tip lebih dari penyewa jasa Anda.

  • Berbagi ilmu dengan menjadi tentor

Menjadi tentor atau guru les sering menjadi pilihan pekerjaan part-time untuk mahasiswa. Selain upah yang lumayan, mereka juga bisa mengaplikasikan ilmu yang didapat. 

Baca Juga: Tips lolos Interview saat wawancara kerja

Untuk menjadi tentor, Anda bisa ikut dengan bimbingan belajar (bimbel) atau mencari murid sendiri. Keuntungan jika ikut bimbel, Anda tidak perlu repot mencari murid. Jadwal dan jaminan "gajian" juga terjaga.

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru