4 Cara Mengatur Spasi di Microsoft Word dan Google Docs

Rabu, 16 November 2022 | 08:43 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
4 Cara Mengatur Spasi di Microsoft Word dan Google Docs

ILUSTRASI. 4 Cara Mengatur Spasi di Microsoft Word dan Google Docs


TIPS & TRIK - Cara mengatur spasi di Microsoft Word yang mudah untuk diterapkan. Pengguna bisa mengikuti beberapa langkah mudah untuk mengatur jarak antarkarakter, baris, hingga paragraf.

Microsoft Word dan Google Docs menyediakan berbagai fitur dalam menunjang pembuatan dokumen resmi.

Nah, pengaturan pada Microsoft Word dan Google Docs cukup banyak termasuk pengaturan jarak antarkarakter, baris, dan paragraf.

Pengaturan jarak tersebut kemudian disebut sebagai space atau spasi Microsoft Word.

Baca Juga: Panduan Ukuran Kertas Folio F4 dan Cara Mengubah Ukuran Kertas di Microsoft Word

Tentunya, bagi pelajar maupun mahasiswa tidak asing dalam mengatur jarak spasi baik antarparagraf maupun baris.

Spasi Microsoft Word dan Google Docs cukup penting untuk mengatur jarak sebuah dokumen dalam satu atau lebih halaman.

Pengaturan spasi Microsoft Word nantinya akan terbagi ke jarak antarkarakter, antarbaris atau kalimat, dan antarparagraf satu dengan yang lain.

Spasi antarkarakter dapat mempengaruhi jarak dari satu huruf atau angka dengan yang lain.

Baca Juga: Ini 2 Cara Membuat Tanda Tangan Digital di Google Docs

Sementara, spasi antarkalimat akan mempengaruhi setiap baris dalam satu paragraf yang ada pada dokumen Microsoft Word.

Terakhir, spasi antarparagraf bisa diterapkan untuk mengatur jangkauan yang lebih luas dari paragraf ke paragraf lainnya.

Adapun, ukuran spasi Microsoft Word yang kerap dipakai adalah jarak ideal 1,5 baik kalimat maupun paragraf.

Simak beberapa cara mengatur spasi di Microsoft Word dan Google Docs yang bisa diterapkan.

Baca Juga: Inilah 3 Cara Membuat Tabel di Microsoft Word dengan Mudah

Cara mengatur spasi di Microsoft Word

1. Cara mengatur spasi di Microsoft Word untuk antarkarakter

Berikut ini cara mengatur spasi di Microsoft Word untuk jarak antarkarakter pada kalimat maupun paragraf tertentu.

  • Buka dokumen di Microsoft Word.
  • Pilih bagian Dokumen dengan Ctrl + A.
  • Klik ikon panah di Menu Font.
  • Pilih tab Tingkat Lanjut.
  • Pilih opsi Diperluas atau Dirapatkan pada bagian kotak Penspasian.
  • Tambahkan angka 1,5 pada kolom Ukuran.
  • Klik OK.
  • Jarak antarkarakter pada bagian dokumen akan berubah.

2. Cara mengatur spasi di Microsoft Word untuk antarkalimat

Setelah mengetahui pengaturan spasi atau jarak per kata, pengguna bisa ikuti langkah untuk mengatur per barisan kalimat.

  • Buka dokumen di Microsoft Word.
  • Pilih atau blok kalimat pada Dokumen.
  • Klik menu Style atau Gaya.
  • Klik kanan pada Style yang sudah dipakai.
  • Pilih sub menu Ubah.
  • Pilih spasi 1,5x, atau ganda di menu kotak dialog.
  • Pilih OK. 

3. Cara mengatur spasi di Microsoft Word untuk antarparagraf

Salah satu bagian terpenting dalam satu dokumen adalah spasi antarparagraf yang mempengaruhi isi dalam satu halaman dokumen.

Pengguna bisa ikuti cara mengatur spasi di Microsoft Word dari paragraf ke paragraf lain baik atas maupun bawah.

  • Buka dokumen di Microsoft Word.
  • Pilih atau blok Dokumen.
  • Pilih ikon Jarak antarparagraf.
  • Pengguna bisa mengatur Spasi sebelum dan sesudah Paragraf ke ukuran 1,5.
  • Jarak per paragraf akan berubah.

4. Cara mengatur spasi di Google Docs untuk antarparagraf

Bagi pengguna Dokumen Google Docs bisa diikuti dengan cara mengatur spasi antarparagraf yang mudah diterapkan.

  • Buka dokumen di Google Docs.
  • Pilih atau blok bagian paragraf pada dokumen.
  • Pilih ikon Jarak antarbaris dan antarparagraf.
  • Pengguna bisa mengatur Spasi sebelum dan sesudah Paragraf ke ukuran 1,5.
  • Jarak per paragraf akan berubah.

Melalui beberapa cara mengatur spasi di Microsoft Word dan Google Docs bisa dimanfaatkan sesuai kebutuhan penggguna.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru