4 Cara merawat kelinci terbaik yang perlu Anda lakukan

Kamis, 15 Oktober 2020 | 12:49 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Cara merawat kelinci terbaik yang perlu Anda lakukan

ILUSTRASI. Sebagai pemilik hewan peliharaan, ada beberapa cara merawat kelinci yang perlu Anda perhatikan. Foto dok.Mutty Mut Rabbit Tri

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak jenis hewan peliharaan yang bisa Anda miliki. Selain kucing dan anjing, kelinci juga bisa Anda pelihara. Cara merawat kelinci perlu Anda perhatikan agar hewan bertelinga panjang ini bisa memiliki tubuh yang sehat dan bahagia.

Siapkan Kandang

Mengutip dari My House Rabbit (myhouserabbit.com), menyiapkan kandang merupakan hal penting saat Anda ingin memelihara kelinci. Namun, usahakan Anda menyiapkan kandang di dalam rumah. Alasanya, agar kelinci bisa mudah berinteraksi dengan pemiliknya.

Menyiapkan kandang di dalam rumah juga berfungsi agar kelinci terlindung dari hujan dan paparan sinar matahari. Siapkan ruangan yang tak terlalu sempit agar kelinci bisa bebas bergerak. Setiap hari, usahakan untuk melepas kelinci di ruangan terbuka agar binatang ini tak mudah stres.

Lindungi Setiap Sudut Rumah

Kelinci merupakan salah satu jenis binatang yang suka mengunyah berbagai macam benda. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk melindungi setiap sudut rumah. Lapisi kabel-kabel di rumah Anda dengan bahan yang aman.

Baca Juga: 5 Cara merawat Kucing Persia yang perlu dilakukan

Hal yang sama juga berlaku untuk sudut tempat tidur, buku-buku, atau tanaman yang Anda letakkan dalam rumah. Anda bisa menempatkan beberapa barang di tempat yang lebih tinggi atau di tempat yang tak mudah dijangkau oleh kelinci.

Sediakan Makanan Segar

Salah satu cara merawat kelinci adalah dengan menyiapkan makanan segar.

Cara merawat kelinci selanjutnya yang direkomendasikan oleh My House Rabbit adalah dengan menyediakan makanan segar untuk binatang peliharaan ini. Makanan utama kelinci adalah rumput kering.

Jadi, Anda perlu menyiapkan dan menyimpannya dengan benar agar tetap segar saat akan dimakan kelinci. Jika Anda masih kebingungan untuk memilih jenis rumput apa yang sesuai untuk kelinci, Anda bisa berkonsultasi pada dokter hewan terlebih dahulu.

Selain rumput kering, Anda bisa melengkapi kebutuhan nutrisi kelinci dengan menyiapkan makanan yang kaya akan serat. Tak hanya itu, jangan lupa untuk menyediakan air bersih agar kelinci tak dehidrasi.

Baca Juga: 4 Cara merawat kucing Anggora agar kesehatannya terjaga

Cek Kondisi Kelinci Secara Rutin

Sebagai hewan pemburu, My House Rabbit mengatakan bahwa kelinci akan menyembunyikan gejala sakit yang sedang dialami. Maka dari itu, Anda perlu memerhatikan kebiasaan kelinci Anda. Mulai dari kebiasaan makan, minum, buang air kecil, dan buang air besar.

Jika Anda mengetahui ada yang berubah dari kebiasaan kelinci peliharaan Anda, segera konsultasikan atau bawa kelinci ke dokter hewan. Tak hanya dibawa ke dokter hewan saat sakit, cara merawat kelinci juga perlu dilakukan dengan memeriksakan kondisi kesehatannya secara rutin ke dokter hewan.

Selanjutnya: Baru punya anak kucing? Ini cara merawat anak kucing agar tumbuh sehat dan bahagia

Editor: Belladina Biananda


Terbaru