Edukasi

4 Penemuan ini hasil karya mahasiswa Indonesia, membanggakan!

Selasa, 20 Oktober 2020 | 20:21 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
4 Penemuan ini hasil karya mahasiswa Indonesia, membanggakan!

ILUSTRASI. 4 Penemuan ini hasil karya mahasiswa Indonesia, membanggakan!

KONTAN.CO.ID -  Di tengah kondisi pandemi Covid-19 yang tidak menentu, terselip beberapa berita yang membanggakan. Mahasiswa Indonesia berhasil membuat penemuan yang membanggakan Tanah Air.

Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Instagram resminya (17/10/2020) mengumumkan daftar penemuan karya mahasiswa Indonesia. 

Penemuan tersebut menjadi contoh bahwa kreativitas, inovatif, dan kritis bisa mengharumkan nama bangsa. 

"Karya generasi muda Indonesia saat ini menjadi modal di masa depan yang dapat mengispirasi banyak kalangan generasi muda lainnya untuk lebih meningkatkan kreativitas dan ide-ide cemerlang nya untuk mengharumkan dan membangun negeri ini," sebut Ditjen Dikti. 

Baca Juga: 4 Pelajaran berharga di balik pandemi yang bisa dipetik mahasiswa

Berikut empat penemuan karya mahasiswa Indonesia yang Ditjen Dikti umumkan lewat Instagram resminya: 

  • Face shield 

Salah satu alat pelindung dari penularan virus corona baru adalah face shield. Alat ini digunakan oleh tenaga kesehatan selama menangani pasien Covid-19. 

Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret (UNS), Surakarta, ikut membantu penanganan pasien Covid-19. Mereka membantu dengan memproduksi alat pelindung diri (APD) berupa face shield

Target produksi face shield adalah 1.000 unit. APD ini akan mereka berikan kepada rumahsakit di sekitar Surakarta.

  • Hand sanitizer

Tidak hanya mahasiswa UNS, mahasiswa Universitas Taduluko (Untad), Palu, juga turut berinovasi dalam menanggulangi virus corona. Mahasiswa Jurusan Farmasi FMIPA Untad membuat hand sanitizer dari ekstrak daun kelor. 

Daun kelor atau moringa sudah teruji sebagai anti-bakteria. Karenanya, hand sanitizer buatan mahasiswa Untad memiliki tambahan bisa membunuh bakteri dan virus. 

Baca Juga: Dikerjakan selama dua hari, ini pembagian waktu pengerjaan Asesmen Nasional

  • Moospin menggunakan plasma

Tiga mahasiswa Universitas Brawijaya (Unbraw), Malang, membuat inovasi untuk meningkatkan prodiksi susu. Mereka membuat inovasi alat pemerah yang bisa sekaligus mensterilkan susu secara otomatis menggunakan metode sterilisasi plasma non-termal. 

  • Robot sterilisasi Covid-19

Pada kompetisi Spirit of Shell Eco-Marathon (SEM) Asia 2020, tim Apatte62 dari Universitas Brawijaya berhasil meraih peringkat pertama. Tim gabungan mahasiswa teknik mesin dan teknik elektro ini berhasil mengalahkan tim dari beberapa negara di Asia. 

Mereka membuat robot sterilisasi virus corona. Robot ini bisa dikendalikan jarak jauh sehingga proses sterilisasi tidak melibatkan kontak langsung. 

Selanjutnya: Dikerjakan selama dua hari, ini pembagian waktu pengerjaan Asesmen Nasional

 

Editor: Tiyas Septiana


Terbaru