4 Tips agar kucing bahagia dengan aktivitas dalam rumah

Minggu, 19 Juli 2020 | 09:00 WIB   Reporter: Belladina Biananda
4 Tips agar kucing bahagia dengan aktivitas dalam rumah

ILUSTRASI. Anda bisa melakukan banyak hal agar kucing bahagia.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Memiliki hewan peliharaan seperti kucing bisa membuat Anda senang. Namun, rasa senang yang Anda dapat harus dibarengi dengan tanggung jawab untuk membuat kucing bahagia. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat kucing bahagia. Salah satunya adalah dengan memelihara kucing dalam rumah.

Kucing yang dipelihara di luar rumah lebih beresiko memiliki usia yang pendek. Biasanya, banyak kucing yang trauma dengan suara-suara kendaraan. Selain itu, perubahan cuaca juga bisa membuat kesehatannya terganggu. Kutu kucing juga lebih mudah hinggap pada kucing yang ada di luar rumah.

Tips Merawat Kucing dari Dalam Rumah

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, akan lebih baik bila Anda merawat kucing di dalam rumah. Agar kucing tidak stres dan tetap bahagia, Anda bisa melakukan beberapa tips berikut.

Baca Juga: Ingin pelihara anak kucing? Simak dulu tips merawat anak kucing berikut ini

1. Rawat Sejak Kecil

Dilansir dari humanesociety.org, Anda akan lebih mudah untuk merawat kucing sejak kecil. Kucing yang Anda rawat sejak kecil akan terbiasa untuk hidup di dalam rumah. Hal yang berbeda akan terjadi jika Anda merawat kucing yang sudah besar. Mungkin Anda akan mengalami sedikit kesulitan untuk membiasakan kucing berada dalam rumah.

2. Pagar Transparan

Selalu mengurung kucing dalam rumah juga tidak disarankan. Namun, Anda mungkin khawatir jika dibiarkan keluar rumah, kucing bisa mengalami bahaya. Untuk mengatasi hal itu, humanesociety.org menyarankan untuk membangun pagar transparan.

Guna pagar transparan adalah agar kucing tetap bisa merasakan lingkungan di luar rumah. Meski kucing berada di halaman rumah, kucing akan tetap aman karena tidak bisa keluar, ataupun tidak ada hewan lain yang bisa menyerangnya.

Baca Juga: Daftar harga kucing anggora, panduan bagi yang ingin memeliharanya

3. Cat Condo

Kucing bisa lebih bahagia jika disediakan tempat untuk memanjat. Anda bisa menyediakan cat condo dan meletakkannya dalam rumah. Ada banyak sekali toko yang menjual cat condo. Namun, apabila Anda ingin berkreasi, Anda bisa membuatnya sendiri.

Anda bisa menyesuaikan tinggi dan bentuk cat condo untuk kucing. Akan lebih baik jika cat condo diletakkan di sebelah jendela agar kucing bisa memanjat untuk melihat lingkungan luar.

4. Bermain dengan Kucing

Humanesociety.org mengatakan bahwa tips untuk membuat kucing bahagia adalah dengan mengajaknya bermain. Anda harus meluangkan waktu setiap hari untuk bermain dengan kucing.

Cobalah berbagai jenis mainan yang bisa membuat kucing berlari, menendang, mengejar, dan lain sebagainya. Saat Anda tidak punya waktu untuk bermain dengan kucing, tetap sediakan mainan yang bisa dimainkan sendiri oleh kucing, seperti bola. Akan lebih baik jika Anda memiliki beberapa jenis mainan yang bisa digunakan secara bergantian. Hal itu dilakukan agar kucing tidak merasa bosan.

Editor: Belladina Biananda
Terbaru