4 Tips menabung ini mudah dilakukan, ingin mencoba?

Kamis, 18 Maret 2021 | 10:52 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Tips menabung ini mudah dilakukan, ingin mencoba?

ILUSTRASI. Kondisi finansial bisa lebih baik jika Anda mempraktikkan beberapa tips menabung. KONTAN/Cheppy A. Muchlis


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Salah satu masalah finansial yang masih sering dialami oleh banyak orang adalah menabung. Kendalanya ada beragam. Mulai dari kesulitan untuk menyisihkan uang, tidak mengetahui nominal uang yang ingin ditabung, dan lain-lain. Padahal, ada banyak tips menabung yang mudah dicoba, lo.

Cara menabung yang bisa Anda coba adalah dengan memisahkan uang yang ingin ditabung secara otomatis. Anda bisa menentukan sendiri nominal dan waktu penyisihan uang. Kebanyakan bank sudah memiliki layanan pengiriman uang secara otomatis.

Daftar Isi

Jadi, Anda tidak perlu ragu untuk berkonsultasi dengan pihak bank yang Anda pakai. Namun, sebelum menggunakan layanan pengiriman uang otomatis, menabung akan terasa lebih mudah dengan beberapa cara berikut.

Catat Pengeluaran

Melansir Better Money Habits (bettermoneyhabits.com), cara pertama yang perlu Anda lakukan supaya bisa menabung dengan sukses adalah mencatat semua pengeluaran. Anda bisa membagi pengeluaran menjadi beberapa kategori.

Mulai dari biaya kesehatan, membeli keperluan bulanan, hiburan, dan lain-lain. Dengan mencatat pengeluaran, Anda menjadi lebih mudah untuk mengetahui kondisi finansial Anda. Apakah uang yang Anda belanjakan selama ini termasuk berlebihan atau tidak.

Baca Juga: 4 Cara mencari penghasilan tambahan di masa pandemi

Tentukan Uang yang Ingin Ditabung

Tips menabung yang kedua adalah menentukan berapa uang yang ingin Anda tabung secara rutin. Gunakan catatan pengeluaran yang telah Anda buat untuk mengetahui berapa nominal uang yang bisa Anda pakai untuk menabung.

Kurangi Pengeluaran yang Tidak Perlu

Jika jumlah pengeluaran terlalu besar sehingga tidak ada uang yang ditabung, sebaiknya evalusai catatan pengeluaran Anda. Cobalah untuk membatasi pengeluaran yang tidak perlu. Misalnya, biaya langganan streaming film, uang untuk jajan atau jalan-jalan, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Ingin mencapai kebebasan finansial sedini mungkin? Lakukan 3 hal ini

Tentukan Target

Tips menabung yang tidak boleh Anda lewatkan adalah tetapkan target tabungan Anda. Anda bisa membagi target menjadi dua tipe, yaitu target jangka pendek dan target jangka panjang. Mengutip dari Better Money Habits, target jangka pendek bisa berupa dana darurat.

Sedangkan untuk target jangka panjang bisa berupa dana pensiun, biaya pendidikan, dan lain sebagainya. Jika Anda sudah menentukan target, maka kebiasaan menabung akan lebih mudah. Jika Anda masih merasa kesulitan untuk mengatur keuangan, tidak ada salahnya untuk menggunakan jasa perencaan keuangan yang Anda percaya.

Selanjutnya: Tips ampuh dari Warren Buffett buat yang susah mengatur keuangan dengan baik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru