5 Aksesori sepeda lipat yang wajib dipakai, biar gowes makin aman

Selasa, 18 Agustus 2020 | 09:30 WIB   Penulis: Arif Budianto
5 Aksesori sepeda lipat yang wajib dipakai, biar gowes makin aman


SEPEDA - Sepeda lipat menjadi salah satu jenis sepeda yang banyak digemari masyarakat Indonesia. Sayangnya, dalam paket penjualan sepeda lipat tidak disertai beberapa aksesoris pendukung. Simak beberapa aksesoris sepeda lipat wajib biar gowes makin aman lewat artikel ini.

Lagi tren dan digemari banyak orang, kegiatan bersepeda memang mengasyikan. Selain itu juga bisa mengusir rasa jenuh setelah rutinitas pekerjaan setiap hari. 

Untuk menikmati kegiatan bersepeda, banyak jenis sepeda yang tersedia di pasaran. Salah satu yang lagi populer yakni sepeda lipat. Meski banderol harga sepeda lipat tidak ramah di kantong, sebagian orang rela menebusnya.

Baca Juga: Garang, berikut harga sepeda gunung United Clovis 8.00 edisi 2020

Sepeda lipat banyak diburu karena modelnya yang unik. Dengan ukuran ban yang tidak terlalu besar serta fitur yang bisa dilipat sehingga mudah untuk dibawa kemana-mana.

Sayangnya paket penjualan sepeda lipat tidak menyertakan aksesoris pendukung yang membuat pengalaman bersepeda makin aman.

Untuk membuat pengalaman bersepeda semakin aman, berikut ada beberapa aksesoris sepeda lipat yang wajib Anda miliki :

1. Lampu sepeda

Aksesoris Sepeda Lipat - Lampu

Lampu menjadi salah satu aksesoris sepeda lipat yang memberikan rasa aman saat berkendara. Aksesoris lampu ini bisa Anda pasang di bagian depan atau belakang sepeda lipat.

Fungsinya tentu saja untuk memberikan pencahayaan saat Anda bersepeda di waktu fajar atau malam hari. Anda tak perlu khawatir jika tiba-tiba melewati jalan berlubang tanpa disadari. 

Dengan pencahayaan yang cukup, Anda bisa menghindarinya serta bersepeda dengan aman.

Harga aksesoris sepeda lipat unutk lampu mulai dari Rp 20.000-an- Rp 500.000-an lewat marketplace/online shop.

2. Bel sepeda

Aksesoris Sepeda Lipat - Bel

Kendaraan bermotor memiliki klakson untuk memberikan peringatan kepada pengendara lain agar menepi. Bagi sepeda lipat ada aksesoris sepeda yang memiliki fungsi seperti klakson.

Yakni bel sepeda, memiliki fungsi sama dengan klakson aksesoris sepeda ini bakal pengalaman bersepeda semakin aman. Saat anda menyusuri jalanan yang ramai, Anda bisa bunyikan bel. Otomatis orang atau pengendara lain yang ada di depan harusnya bakal memberikan jalan.

Namun tidak menutup kemungkinan masih ada orang atau pengendara yang tidak menghiraukan bel. Tentu saja berbahaya, bisa terjadi kecelakaan yang fatal bagi pengendara maupun objek yang di tabrak.

Harga aksesoris sepeda lipat berupa bel ini berkisar Rp 10.000-an - Rp 400.000-an. Tersedia juga di berbagai marketplace/online shop.

3. Rack pannier

Aksesoris sepeda lipat - Rack pannier

Aksesoris sepeda lipat yang satu ini berfungsi untuk meletakan barang. Jika Anda ingin bersepeda dengan jarak tempuh yang jauh, tentunya banyak hal yang perlu dibawa.

Lewat rack pannier, Anda bisa meletakan barang bawaan Anda termasuk tas kemudian di ikat. Dengan begitu Anda bisa bersepeda dengan aman tanpa memikirkan tas atau barang bawaan jatuh.

Harga aksesoris sepeda lipat rack pannier ini berkisar Rp 100.000-an - Rp 1 jutaan. Tersedia di berbagai marketplace/online shop di Indonesia.

4. Helm sepeda

Helm sepeda

Helm menjadi aksesoris wajib pengendara sepeda untuk menjaga keamanan dan kenyamanan saat bersepeda. Saat bersepeda kita tidak pernah mengetahui apa saja yang akan menimpa.

Dengan menggunakan helm, setidaknya pengendara sudah merasa aman jika hal yang tidak diinginkan. Misalkan terjadi kecelakaan, kepala akan terlindungi dari berbagai benturan. 

Harga helm sepeda berkisar dari Rp 50.000-an hingga jutaan rupiah. Semakin mahal kualitas helm semakin baik tentunya. Helm tersebut bisa Anda beli lewat marketplace/online shop di Indonesia.

5. Kunci sepeda

Aksesoris Sepeda Lipat - Kunci

Jika Anda meninggalkan sepeda lipat di parkiran atau di tempat tertentu sangat diperlukan kunci. Dengan kunci ini Anda tidak perlu takut sepeda lipatnya akan dicuri.

Di pasaran kunci sepeda lipat tersedia dalam berbagai jenis. Seperti rantai, kabel hingga ada yang berbentuk gembok. Untuk membukanya ada berbagai fitur yang tersedia, seperti menggunakan kunci atau nomor kombinasi.

Kunci untuk sepeda lipat ini dijual dengan harga mulai dari Rp 20.000- Rp 800.000 di marketplace/online shop.

Baca Juga: Paling murah di kelasnya, berikut harga sepeda balap Pacific Tractor 3.0

Lewat aksesoris sepeda lipat di atas, Anda bisa berkendara dengan aman dan nyaman. Selamat berburu aksesoris sepeda lipat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru