5 Area di dalam mobil ini lebih kotor dari toilet duduk

Senin, 31 Agustus 2020 | 13:34 WIB Sumber: The Drive
5 Area di dalam mobil ini lebih kotor dari toilet duduk


OTOMOTIF - LONDON. Studi baru dari Compare the Market menemukan 5 area terkotor di bagian interior mobil. Hasil studi terbaru itu menyebutkan, area tersebut lebih kotor dari sebuah toilet duduk.

Mengutip The Drive, Compare the Market, perusahaan riset asuransi otomotif asal Inggris, melakukan pengujian atas 10 kendaraan berbeda menggunakan penyeka uji permukaan kelas atas dan sistem komputasi untuk menentukan Unit Cahaya Relatif (RLU).

Dalam studi tersebut, Compare the Market melakukan pembacaan RLU dibandingkan dengan jumlah Adenosine Triphosphate (ATP) yang dikumpulkan selama proses swab atau pengambilan sampel.

Pada dasarnya, semakin kotor area pengujian, semakin besar jumlah ATP dan menghasilkan pembacaan RLU yang lebih tinggi. Pembacaan RLU yang tinggi berarti tingkat kuman akan semakin banyak dan padat.

Baca Juga: Ini daftar barang yang wajib ada di dalam mobil ketika sedang berkendara

Sepuluh kendaraan yang terlibat dalam studi tersebut adalah mobil keluarga, kendaraan mewah, hingga van. Compare the Market melakukan penyekaan di shifter, batang indikator, roda kemudi, sabuk pengaman serta jok pengemudi, pegangan pintu dalam, kaca depan, layar sentuh, dan kaca spion.

Studi tersebut juga melakukan pemeriksaan pada dudukan toilet di gedung perkantoran untuk membandingkan tingkat bakteri melalui pembacaan RLU.

Area terkotor dalam sebuah mobil

Menurut hasil studi, area mobil yang paling kotor adalah layar sentuh dengan pembacaan RLU total 371% lebih kotor dari toilet duduk. Di tempat kedua adalah shifter, yang mencatat RLU 331% lebih tinggi dibanding toilet duduk.

Baca Juga: Berbahaya, powerbank dan 3 barang lainnya ini jangan ditinggalkan dalam mobil

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru